Ibrahim A Hafid. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulawesi Tengah, Ibrahim A Hafid, membeberkan sejumlah target yang akan diselesaikan kurun waktu satu tahun kedepan. Terdapat beberapa fokus kerja fraksi Nasdem yang sudah disusun untuk segera direalisasikan, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten kota di Sulteng.

Dari beberapa fokus kerja Nasdem, yang paling mendapat perhatian serius yakni mendorong percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) pasca bencana alam yang menerpa Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong pada 28 September 2018 lalu.

“Rehab rekon yang diperjuangkan Nasdem bukan hanya disektor fisik, tetapi juga disektor sosial ekonomi. Masyarakat tidak hanya disiapkan fasilitas infrastrukturnya, tetapi juga dipulihkan ekonomi dan kehidupan sosialnya. Nasdem mengingkan rehab rekon menyentuh seluruhnya,” tutur Ibrahim Hafid, saat berbincang dengan Metrosulawesi, Jumat 3 Januari 2020.

Untuk mempercepat proses rehab rekon, Fraksi Nasdem Sulteng akan mendorong pembentukan Panitia Khusus (Pansus) rehab rekon kembali. Dalam waktu dekat ini, usulan itu segera disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Sulteng. Dengan pembentukan Pansus, Nasdem ingin mengandeng seluruh pihak guna mempercepat rehab rekon serta mengawasinya agar tepat sasaran.

“Saat rapat Badan Musyawarah (Banmus) kami sudah menyampaikannya, dan sekarang sudah masuk dalam agenda DPRD Sulteng, sisa mendorongnya dalam rapat paripurna untuk dibentuk kembali Pansus rehab rekon. Banyaknya persoalan elama rehab rekon menjadi konsentrasi Pansus nanti,” tutur anggota DPRD Sulteng dua periode ini.

Jika Pansus rehab rekon terbentuk kembali, tidak menutup kemungkinan Pansus ini akan bekerjasama dengan pihak penegak hukum dalam melakukan pengawasan rehab rekon. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa anggaran negara yang disalurkan untuk pemulihan Sulteng pasca bencana benar-benar digunakan sebagaimana mestinya.

Selain mendorong percepatan rehab rekon, awal tahun 2020 ini agenda fraksi Nasdem Sulteng juga mendorong seluruh program kerja fraksi Nasdem DPRD Sulteng sinergi dengan seluruh fraksi Nasdem kabupaten kota. Fraksi Nasdem Sulteng juga akan menjadi jembatan antara kabupaten kota dan DPR RI maupun kementerian.

“Sinergitas fraksi Nasdem ini perlu dilakukan untuk mewujudkan agenda-agenda yang sudah ditetapkan partai. Sehingga seluruh agenda dapat dilaksanakan oleh seluruh fraksi Nasdem dimasing-masing tingkatannya,” ujar Ibrahim.

Bukan hanya itu, di tahun 2020 ini Nasdem akan mendorong percepatan pembangunan dengan memaksimalkan peluang-peluang pendapatan daerah, salah satunya mendorong segera direalisasikannya Partisipasi Interest (PI) 10 persen. Nasdem akan memperjuangkan agar Ranperda pembentukan BUMD PT Centrogas segera ditetapkan.

“Pembentukan BUMD PT Centrogas yang sudah digagas dari awal akan kami dorong untuk segera ditetapkan. Pembentukan PT Centrogas merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan PI 10 persen. Seharusnya pembentukan perusahaan ini berjalan lancar kalau semua berfikir untuk kemajuan Sulteng,” tegas Ibrahim.

Beberapa fokus kerja fraksi Nasdem ini segera direalisasikan dalam kurun waktu satu tahun kedepan. Dalam waktu dekat rehab rekon menjadi perhatian utama partai. maka dari itu Nasdem akan mendorong pembentukan kembali Pansus rehab rekon, sehingga peran-peran DPRD makin dimaksimalkan selama proses rehab rekon berjalan.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas