Home Palu

Dukungan Perseorangan Wajib Masuk Silon

253
Iskandar Lembah. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Jelang pemasukan berkas dukungan calon perseorangan Pilkada Kota Palu tahun 2020, baru dua orang bakal pasangan calon yang menyampaikan LO (penghubung) ke KPU Kota Palu. LO tersebut nantinya bakal diberikan pelatihan untuk aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Komisioner KPU Kota Palu, Iskandar Lembah, beberapa hari lalu mengatakan, sebelum calon perseorangan memasukan dukungan berupa surat dukungan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), bakal calon perseorangan wajib memasukan data dukungan itu di Silon.

Data Silon sifatnya wajib dimasukan bakal calon perseorangan. Data di Silon nanti bakal disandingkan dengan berkas dukungan fisik yang disampaikan ke KPU. Setelah selesai verfikasi administrasi, maka KPU melanjutkan dengan sensus, mendatangi satu persatu masyarakat yang memberikan dukungan untuk memastikan bahwa masyarakat tersebut benar memberikan dukungan kepada bakal pasangan calon yang tersebut.

Agar bakal calon perseorangan mampu menggunakan aplikasi Silon, KPU bakal memberikan pelatihan kepada tim yang sudah diberikan kepercayaan oleh bakal calon perseorangan.

Berdasarkan peraturan KPU tentang tahapan, jadwal memasukan berkas dukungan bakal calon perseorangan dimulai 9 Februari 2020. Mengingat jumlah dukungan yang wajib disetor sebanyak 21.396 dukungan, KPU berharap agar bakal pasangan calon memperhatikan dengan benar berkas dukungannya agar saat verifikasi faktual benar-benar sesuai dengan berkas yang disampaikan ke KPU.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas