G. A. Nasser. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kebijakan baru pemerintah tentang kenaikan cukai rokok hingga 35 persen dinilai akan langsung dirasakan pengaruhnya terhadap inflasi di Januari 2020.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah, Gamal Abdul Nasser, Senin (6/1/2020).

Menurutnya, hal tersebut pastinya mempengaruhi inflasi dan distributor secara komperhensif.

“Kita akan langsung melihat andilnya di inflasi Januari ini, karena kolektif seluruh wilayah harus diberlakukan. Pasti akan langsung dirasakan baik konsumen hingga distributor,” tuturnya.

Namun, dirinya berharap, sumbangsih inflasi dari cukai rokok tersebut akan mampu mengurangi konsumsi masyarakat.

“Bisa jadi distribusinya dan permintaan akan menurun, karena mahalnya harga. Dampaknya juga sesuai tujuan untuk mengurangi konsumsi, meskipun proyeksinya akan tetap mengambil andil besar,” katanya.

Menurutnya, hal yang membuat sektor itu akan langsung melanjak presentasenya yakni pada proses transisi dari harga lama terhadap harga baru. Hal itu dikarenakan proses perputaran ekonomi yang langsung melonjak tajam dari pola biasanya.

“Kalau sebelumnya biasa naik Rp1.000 naik sedikit, ini langsung signifikan. Otomatis dalam analisis kami akan sangat berdampak secara presentase,” ungkap Nasser.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas