BERI SAMBUTAN - Wali Kota Palu, Hidayat, M.Si, saat meberikan sambutan pada acara penutupan Karantina Daurah Tahfidz Al-Qur'an Juz 30 selama enam hari, Sabtu malam, 28 Desember 2019, di Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Petobo. (Foto: Humaspemkot)

Palu, Metrosulawesi.id – Wali kota Palu, Bpk. Drs. Hidayat, M.Si menutup secara resmi kegiatan Karantina Daurah Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 selama enam hari, Sabtu malam, 28 Desember 2019.

Kegiatan yang bertempat di Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Petobo tersebut dilaksanakan oleh Daarul Qur’an Darunna’im, dan dihadiri Ketua DPD BKPRMI Kota Palu,. Dawud Asroh.

Dalam sambutannya, Hidayat menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Daarul Qur’an Darunna’im yang telah memprogramkan kegiatan hafalan selama hampir satu pekan ini.

“Semoga anak-anak kita terus meningkatkan hafalannya,” kata Hidayat.

Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kota Palu dalam peningkatan iman dan taqwa, yakni program penambahan jam pelajaran agama melalui Baca Tulis Qur’an (BTQ) pada tingkat SD se-Kota Palu.

“Ribuan anak-anak di tingkat SD kami akomodir agar bisa membaca dan menulis Al-Qur’an, kemudian mereka akan dibimbing lagi di tingkat SMP mengenai tajwid, lagunya saat membaca Al-Quran, bahkan kaligrafi juga,” ungkap Hidayat.

Hidayat mengatakan, dengan dilaksanakannya program BTQ tingkat SD dan pengembangannya di tingkat SMP, para peserta didik diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual, namun juga cerdas secara spiritual dan emosional.

“Sehingga dengan begitu, sedikit demi sedikit Kota Palu menjadi gudangnya Qori’ dan Qori’ah,” katanya.

Selain itu, Hidayat mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiapkan anggaran hadiah bagi para pemenang juara satu utusan Kota Palu di ajang MTQ tingkat provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 di Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Ada 23 cabang, Pemerintah Kota Palu akan menghadiahkan setiap cabang, siapa juara 1 (satu), kita siapkan umroh. Kita sudah anggarkan di APBD Tahun 2020,” ungkap Wali kota.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Palu, Hidayat,¬† menerima langsung Piagam Penghargaan atas bantuan dan dukungan terselenggaranya program Baca Tulis Al-Qur’an di sekolah yang diserahkan oleh Ketua Umum¬† DPD BKPRMI Kota Palu.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas