Ilustrasi. (Foto: Ist)
  • Pemkab Sigi Keluarkan 8 Poin Imbauan Malam Pergantian Tahun

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sigi mengeluarkan surat edaran tentang imbauan dalam rangka pergantian tahun 2020. Hal ini dibenarkan Kabag Humas Kabupaten Sigi, Ariyanto dikonfirmasi, Senin 30 Desember 2019.

Kata Ariyanto, imbauan ini sebagai wujud prihatin serta simpati atas musibah bencana gempa bumi dan likuefaksi pada 28 september 2018. Dalam surat edaran nomor 300/116.72/Setda, yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, tertanggal 30 Desember 2019, disampaikan delapan poin imbauan.

Pertama, pada saat malam pergantian tahun baru 2020, untuk tidak melaksanakan kegiatan seperti pawai kendaraan, pesta kembang api atau petasan, panggung hiburan malam serta kegiatan lainnya.

Dua, mengimbau kepada pemilik toko dan kios maupun perorangan agar tidak melakukan penjualan atau memperdagangkan minuman keras (miras), minuman beralkohol lainnya serta tidak mengadakan pesta miras.

Tiga, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar melaksanakan pergantian tahun dengan cara beribadah sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.

Empat, diperintahkan kepada seluruh camat untuk melaksanakan kegiatan religi Sigi berzikir bagi masyarakat muslim, dan Sigi beribadah bagi masyarakat kristiani, yang dipusatkan di ibukota kecamatan dengan melibatkan seluruh desa yang ada di wilayah kerja masing-masing.

Lima, khusus kegiatan pergantian tahun Pemda Kabupaten Sigi untuk Sigi berzikir di pusatkan di Kecamatan Dolo Desa Kota Pulu (lapangan sepak bola), selanjutnya kegiatan Sigi beribadah di pusatkan di Kecamatan Kulawi.

Enam, kepada seluruh pemilik tempat hiburan, pengelola tempat wisata agar tidak melaksanakan/ memfasilitasi malam pergantian tahun secara berlebihan. Tujuh, kepala OPD maupun camat atau pejabat yang berwenang mewakili bupati membacakan sambutan tertulis Bupati Sigi menyambut pergantian tahun di ibukota kecamatan. Dan, delapan, diharapkan agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas