Rusman Langke. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.d – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah, Rusman Langke, mengimbau, kepada seluruh umat beragama di Sulteng agar menjaga kerukunan dengan menghargai dan menghormati sesama umat manusia.

“Kepada saudara kita yang telah menjalankan ibadah natal, kami berharap dapat menjaga kebersamaan, kekeluargaan, dan penuh persahabatan sebagai sesama anak bangsa,” kata Rusman, di ruang kerjanya, Kamis, 26 Desember 2019.

Rusman berharap, pada2020 umat beragama lebih baik lagi, dengan meningkatkan iman dan ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sesuai dengan keyakinan masing-masing.

“Kemudian perlu ada evaluasi sebagai umat manusia harus mengigatkan apa yang dilakukan pada 2019, sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa, serta semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang kita sudah raih selama ini,” ujarnya.

Selain itu, Rusman mengimbau, pada malam pergantian tahun 2019 ke 2020, diharapkan umat beragama mengisi dengan hal-hal positif, seperti berdoa dan berzikir di rumah ibadah masing-masing.

“Dengan kita berzikir dan berdoa tentunya mengigatkan kita atas kekuasaan Allah SWT yang berikan kepada kita semua, bahwa sesunguhnya pergantian siang dan malam, hari, minggu, bulan, tahun ke tahun, adalah salah satu sunnatullah yang diberikan kepada kita semua,” katanya.  

“Tidak perlu kita melakukan hal-hal yang bersifat hura-hura seperti konvoi dan lainnya. Lebih baik kita isi dengan zikir, atau mengingat kepada Tuhan pencipta alam semesta ini. Karena jika kita lakukan seperti itu, insyaallah kita lebih aman, sejuk, dalam kehidupan kita sebagai umat manusia,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas