Ratusan warga Poso, Senin (23/12) berjubel-jubel naik ke kapal Sabuk Nusantara 102 yang merupakan program tol laut Presiden Jokowi. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)
  • Gorontalo Hanya Rp30 Ribu, Manado Rp40 Ribu

Poso, Metrosulawesi.id –Ratusan warga Poso, Senin (23/12) berjubel-jubel naik ke kapal Sabuk Nusantara 102 yang merupakan program tol laut Presiden Jokowi.

Penumpang warga Poso ini akan mengisi liburan akhir tahun mereka, ke beberapa kota di provinsi Gorontalo dan kota Bitung di provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Denny (52) warga kelurahan Kawua,.Kecamatan Poso Kota Selatan, yang menggunakan jasa tol laut untuk berakhir tahun di kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Dia mengaku sangat tertarik dengan sarana moda transportasi laut untuk berlibur akhur tahun. Sebab selain kapal tol laut ini bersih dan nyaman, harga tiketnya sangat murah.

“Kami sangat tertarik gunakan tol laut, sebab sangat murah dan terjangkau. Tiketnya hanya sebesar Rp 40 ribu saja per jiwa,” katanya.

Sementara untuk harga tiket kendaraan umum bus ke manado saat ini hampir Rp 500/penumpang. Sehingga dirinya dan keluarga memilih moda transportasi laut yang murah ini.

“Terima kasih pak presiden atas kebijakannya untuk kami warga kurang mampu ini, ” jelasnya.

Sama halnya warga Poso lainnya yang akan turun di dermaga kota Gorontalo Provinsi Gorontalo, mereka mengakui moda transportasi laut seperti tol laut yang diberikan pemerintah pusak untuk kabupaten Poso sangat membantu kamu warga kecil, untuk melakukan perjalanan yang aman, nyaman dan murah.

“Saya akan berakhir tahun dengan semua keluarga dan cucu saya dengan menggunakan tol laut yang murah ini. Bayangkan saja kami bertujuh jika gunakan mobil ke kampung kami pasti siapkan ongkos sekitar Rp 10 juta. Sebab perorangnnya sewa bus Rp 300 ribu atau 600 ribu pergi dan pulang. Saat ini kami gunakan tol laut yang hanya Rp 60 ribu per jiwa pulang pergi, ” aku Nur Lailah Warga kota Poso di atas kapalo Sabuk Nusantara 102 saat akan berangkat.

Kapsal, salah seorang pengawas lalu lintas angkutan laut pada kantor unit penyelenggara pelabuhan kelas III Poso Sulawesi Tengah kementerian perhubungan laut, membanarkan jika dirinya baru menandatangani surat ijin berlayar kapal tol laut atau sabuk nusantara 102 dari palabuhan Poso menuju pelabuhan Bitung Sulawesi Utara dengan 156 penumpang, dan yang terdiri dari puluhan anak-anak dan remaja.

Penumpangnya akan bertambah di beberapa pelabuhan lainnya yang akan disinggahi kapal bertiket murah ini.

“Kapal Ini adalah merupakan kebijkan pemerintah Jokowi untuk memudahkan warga melakukan perjalanan laut dengan baik nyaman dan murah. Kapal ini sejak ditempatkan di dermaga Poso sangat banyak penumpangnya khususnya yang menuju ke pelabuhan kecil. Saat hari libur kapal ini diserbu penumpang dari Poso menuju beberapa kota di Sulut dan Gorontalo,” tandasnya.

Dia juga menjelaskan jika kapal ini akan kembali lagi ke dermaga Poso pada tanggal (29/12) dan akan menunggu jadwal rote dari kementerian perhubungan laut. Apakah akan tetap dengan rute Poso Dan beberapa pelabuhan kecil lain dan Bitung atau pindah ke rute lainnya. Tapi sejak rutenya ke sana seperti saat ini kapal ini selalu menjagi alternatif para penumpang, sebab dengan adanya tiket subsidi dan kementerian sehinggga harganya sangat terjangkau.

Reporter: Syaipul Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas