Home Nasional

PDGI Gelar Seminar Tingkatkan Kompetensi Dokter Gigi

652
Pembukaan seminar kedokteran gigi yang digelar PDGI Cabang Sulteng ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten III Mulyono, Jumat, 13 Desember 2019. (Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)

Palu,  Metrosulawesi.id – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Sulawesi Tengah,  menggelar seminar kedokteran gigi, di Convention Hall Sutan Raja, Jumat, 13 Desember 2019. Seminar bertemakan Dentistry update ‘’providing excellent dental, service with lasts knowledge and skills’’, dibuka oleh Asisten III Setdaprov Sulteng, Mulyono.

Mulyono dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulteng menyampaikan apresiasi seminar yang dihelat PDGI Sulteng. Selaku pemerintah dia berharap seminar itu dapat menginisiasi lahirnya inovasi yang bisa meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat di Sulawesi Tengah.

Mulyono mengutip sebuah penelitian, bahwa ada korelasi kuat antara infeksi gusi dengan meningkatnya risiko kematian, akibat sakit jantung atau stroke.

”Karena itu seminar ini sangat penting bagi sejawat dokter gigi dalam membedah kasus-kasus medis terkini seputar penyakit gigi dan mulut. Sehingga ditemukan jalan keluar untuk mengobati dan mencegahnya,” kata Mulyono.

Ketua PDGI Sulteng, drg Moh. Gazali Malik, Sp BM (K). MARS mengatakan, seminar kedokteran gigi bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dokter gigi di Sulawesi Tengah.

‘’PDGI Sulteng mengharapkan kegiatan ini, ada upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan gigi masyarakat. Karena berdasarkan survey kesehatan dasar tahun 2018, Provinsi Sulteng masih berada di peringkat bawah dalam rata-rata nasional. Ini karena paling tinggi masalah kesehatan gigi secara nasional,’’ kata Gazali kepada koran ini di lokasi seminar.

Masalah ini menjadi tugas bagi organisasi profesi PDGI, untuk meningkatkan dan memperbaiki kondisi tersebut.

‘’Kegiatan ini salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang ada,’’ ujarnya.

Ketua panitia seminar, drg Munawir H. Usman S.KG., M.AP, mengatakan, selain untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta kapasitas bagi dokter gigi, seminar tersebut juga sebagai ajang silaturahmi para dokter gigi di Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan, seminar diikuti seluruh dokter gigi di Sulteng, juga beberapa dokter gigi dari luar Sulteng seperti dari Kabupaten Pasangkayu dan beberapa kabupaten lain di Sulawesi Barat. Sedangkan narasumber yang dihadirkan yakni dr Adelina AF Bofe, Sp.OG, dr Faridnan SP. An, drg H Moh. Gazali Sp.BM, MARS, drg Selviana Tampoma. Sp.PM, dan drg Marsha Sihombing Sp.KG.

Seminar juga diisi dengan ceramah ilmiah yang disampaikan drg M. Ikbal Sp.Pros, tentang Prosthodantic Update to General Practice Dentist. Kemudian ceramah ilmiah dari drg Aulia Yudha Prawira, Sp.Perio tentang Are You Sure With Priodontal Treatment?

Munawir mengatakan, kegiatan lainnya yang akan digelar PDGI Sulteng adalah senam pagi dan kampanye ‘’eliminasi penggunaan plastik’’ dan diskusi interaktif ‘’medikolegal bagi dokter gigi’’.

Kegiatan senam pagi dan kampanye digelar di Lapangan Vatulemo, sedangkan diskusi interaktif digelar di Cafe Kemang.

‘’Dalam diskusi nanti akan diberikan pemahaman tentang hukum bagi dokter gigi. Karena pengamatan kami, terkadang tujuannya untuk menolong justru berdampak hukum. Karena itu dalam diskusi kami mengundang narasumber dari Kejaksaan Tinggi,’’ kata Munawir.(*)

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas