Ramlah M Siri. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Palu, Ramlah M. Siri, bersama MKKS Provinsi Sulteng, menghadiri kegiatan Symposium International di Jakarta, belum lama ini. Kegiatan itu mengusung tema “Innovative School Leadership to Improve Student Learning and Wellbeing”.

Ramlah mengatakan, kegiatan tersebut membahas tentang perkembangan pendidikan Indonesia ke depan, di era industri 4.0, bagaimana upaya kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk mengembangkan sekolahnya.

“Dari materi yang diikuti, bpengawas bukan untuk ditakuti Guru dan Kepsek, namun fungsi dan essensi pengawas sangat dibutuhkan kehadirannya di sekolah untuk membantu para kepsek dan guru,” kata Ramlah di Palu, belum lama ini.

Ramlah mengungkapkan, kegiatan yang diikuti oleh 400 peserta itu bertujuan untuk mengembangkan ide-ide pemikiran kreatif dan inovatif dalam mengajar, agar pendidikan di Indonesia semakin maju.

“Guru-guru sekarang harus lebih milenial dalam menghadapi milenial, harus mampu menciptakan generasi milenial yang berkualitas dengan cara pandangnya. Jangan suka melihat kesalahan anak, tapi bagaimana melihat kelebihannya, dan mengembangkan potensi dalam diri anak,” ujarnya.

Ramlah mengatakan, para peserta diminta oleh Direktur Jenderal  (Dirjen) Guru dan Tenaga Kerja (GTK) untuk membuat komitmen mewujudkan metode pembelajaran era industri 4.0, meskipun di daerah terpencil sekalipun.

“Kita dituntut berkomitmen dan mampu untuk mewujudkan hal itu meski  di daerah pelosok yang tidak memiliki akses jaringan, yakni jangan berhenti berinovasi, yang harus dikembangkan adalah wawasan tenaga pendidiknya, yang harus berkembang sesuai dengan era industri 4.0. Masalah keterbatasan akses tidak untuk menjadi kendala. Apalagi bagi daerah yang sudah maju dan memiliki akses jaringan, harus mampu menerapkan sistem pendidikan 4.0,” jelasnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas