PENYERAHAN - Direktur Marketing dan Human Resource Gramedia, Heri Dharmawan saat menyerahkan hadiah kepada salah satu pelanggan, didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palu, Presly Tampubolon, dan Kadisdikbud Palu, Ansyar Sutiadi, Sabtu, 30 November 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kota Palu menaruh harapan kepada Gramedia yang hadir di Kota Palu, salah satunya menyediakan buku-buku (literatur) terkini untuk generasi bangsa. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palu, Presly Tampubolon, mengungkapkan, kehadiran Toko Gramedia di Palu menjadi pendorong yang cukup strategis dalam mewujudkan sumber daya manusia berkualitas di Kota Palu.

“Selama ini kita masih mengalami keterbatasan dalam hal literatur dan pendukung ilmu pengetahuan untuk generasi muda kita. Dengan kehadiran Gramedia di Kota Palu, semakin melengkapi kekurangan-kekurangan kita dalam hal pendukung literatur ,” kata Presly di Palu, Sabtu, 30 November 2019.

Kehadiran pusat literatur bacaan, kata Presly, tentu sangat penting, apalagi Kota Palu yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Tentunya, Kota Palu menjadi pusat pendidikan, pusat aktivitas budaya, pemerintahan, ekonomi, dan semua tata kehidupan. “Sehingga, kehadiran Gramedia menjadi pendukung bagi hal-hal tersebut,” katanya.

Presly, berharap, Gramedia cabang Palu dapat memberikan aspek pelayanan yang baik, dan dapat menyediakan literatur terkini yang sangat dibutuhkan generasi muda, baik di tingkat pendidikan dasar, menengah, hingga ke perguruan tinggi.

“Kita juga beraharap Gramedia tidak semata-mata menyediakan aspek fisik saja, tetapi juga sudah menggunakan teknologi informasi (IT), sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses referensi buku yang baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengatakan, untuk Kota Palu, faktor yang membuat lemah dalam berliterasi adalah kekurangan buku-buku (literatur) terkini.

“Maka kami sangat mengapresiasi atas dibukanya Gramedia di Kota Palu. Dengan adanya Gramedia ini, pastilah kita akan mendapatkan literasi, pengetahuan, dan buku terbaru,” ujarnya.

Ansyar mengaku, akan mendorong para pelajar SD dan SMP memanfaatkan kehadiran toko buku Gramedia. Sebab para pelajar ini biasa mencari buku hingga keluar Kota Palu.

“Jika memang tidak ada buku yang dicari oleh pelajar di toko Gramedia Palu, saya dapat informasi dari pihak Gramedia bahwa bisa dipesan, dan akan dicarikan di Toko Gramedia di pusat, Jakarta,” katanya.

Dengan adanya Gramedia di Kota Palu, kata Ansyar, dapat ikut mempercepat peningkatan mutu pendidikan di Kota Palu.

“Jadi menurut saya, tidak ada lagi alasan dari anak didik kita, guru, dan kepala sekolah, merasa buku yang dicari itu tidak tersedia di Kota Palu, saya yakin Gramedia memiliki koleksi buku yang begitu banyak,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas