Home Palu

Petani Uventumbu Keluhkan Minimnya Infrastruktur

337
RESES - Anggota DPRD Kota Palu Rudi Permesta Mustakim saat reses, berbaur bersama masyarakat di Dusun Uventumbu, Kelurahan Lasoani, Kota Palu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Masyarakat Dusun Uventumbu, Kelurahan Lasoani, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu mengeluhkan fasilitas infrastruktur yang belum memadai. Hal itu dianggap menjadi penghambat akses menuju kantong produksi pertanian di wilayah tersebut.

Belum memadainya infrastruktur di Uventumbu disampaikan masyakat disana kepada Anggota DPRD Kota Palu, Rudi Permesta Mustakim, saat melakukan serap aspirasi dalam rangka reses perdananya di Catur Wulan III Tahun 2019, Rabu, 27 November 2019 lalu. Keluhan masyarakat ini sudah berulang kali disampaikan pada pemerintah setempat, sayangnya, belum ada respon hingga saat ini.

Kurangnya tingkat partisipasi pemerintah daerah terhadap kelompok tani yang ada juga menjadi keluhan. Sebab, saat ini warga Dusun Uwentumbu yang sebagian besar berprofesi sebagai petani merasa kesulitan memperoleh peralatan dan modal pertanian, seperti bibit dan pupuk.

Warga pun berharap agar pemerintah maupun DPRD dapat lebih memperhatikan hal ini, khususnya menyangkut penguatan kelembagaan pertanian di tingkatkan paling bawah, sebagai pelaku utama sektor pertanian.

Aspirasi lainnya, yakni menyangkut peningkatan perekonomian warga. Warga meminta dapat menjadi bagian dari penerima bantuan program pemerintah, seperti Kelompok Usah Bersama (Kube), karena banyak ibu rumah tangga di wilayah ini yang memiliki keterampilan, namun terkendala biaya untuk pengembangannya.

“Ini pascabencana pak, kami di sini masih kesulitan untuk kembali bertani. Karena sebagian besar alat yang kami punya rusak, lahan kami juga banyak yang rusak. Jadi kami minta bisa menjadi perhatianlah warga di sini,” ungkap salah seorang warga, saat itu.

Aspirasi masyarakat terkait pertanian dan peningkakan prekonomian masyarakat tersebut menjadi usulan terbanyak yang diterima anggota DPRD Kota Palu itu.

Menyahuti hal ini, Rudi mengaku akan memperjuangkannya dalam proses penganggaran tahun mendatang. Politisi NasDem ini juga mengaku, di awal periodenya telah berupaya memperjuangkan hak-hak warga Uwentumbu, salah satunya perbaikan infrastruktur menuju kantong produksi warga.

“Ini kali kedua saya datang kemari, Insyaallah, apa yang bapak ibu sampaikan, akan saya perjuangkan lewat DPRD. Kebetulan yang menyangkut soal pertanian itu berada di komisi saya,” jelas Rudi yang kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Palu tersebut pada pemilihan legislatif lalu.

Selain mengupayakan percepatan perbaikan jalan kntong produksi, Rudi mengaku akan mengupayakan pengadaan sumber air yang juga menjadi kebutuhan masyarakat di sana. Rudi bahkan langsung menemui dinas terkait untuk membicarakan nasib masyarakat di sana pada Kamis, 28 November 2019 kemarin.

“Kita juga akan upayakan bantuan dari kementerian,” jelas dia.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas