Home Sulteng

Pemkab Touna Terus Tingkatkan Pertanian

209
Mohammad Lahay. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Touna, Metrosulawesi.id – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai (Upsus Pajale) melakukan percepatan realisasi Luas Tambah Tanam (LTT) padi di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), salah satu daerah sasaran dari program ini adalah Kabupaten Tojo Unauna. 

Percepatan LTT ditempuh dengan cara perluasan Baku Lahan, peningkatan Indeks Pertanaman (IP), Perluasan Areal Tanam Baru (PATB), dan Optimalisasi Pemanfaatan Alat dan Mesin Pertanian (Opsin).

Bupati Touna Mohammad Lahay SE, MM menyampaikan, kabupaten yang dipimpinnya sedang berupaya meningkatkan sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata sebagai penyokong sumber pendapatan utama Kabupaten Touna.

“Sektor pertanian memberikan kontribusi yang tertinggi yaitu 33,98 persen dari pendapatan daerah. Dan diharapkan akan terus meningkat karena potensinya yang cukup besar,” ujar Lahay.

Tahun 2019  ini dari lahan sawah  existing 680 ha, sudah ditingkatkan 221 persen menjadi 1.800 ha. Sementara potensi lahan kering sekitar 38 ribu ha masih belum digarap secara optimal.

Pengembangan padi gogo di lahan kering diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan menyumbang keberhasilan program pemerintah dalam rangka pencapaian swasembada beras di Kabupaten Touna.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Tojo Una Una Muhammad Nur Rahmat, mengatakan pihaknya telah melaksanakan perbanyakan benih padi gogo varietas Inpago 8 sebanyak 2 ton.  Diharapkan benih yang disediakan dapat mencapai jumlah 228 ton. Sementara kebutuhkan benih untuk Kabupaten Touna adalah 112 ton, sehingga surplus benih padi gogo.

Reporter: Saiful
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas