Home Sigi

Listik Mengalir ke Lindu Sebelum Natal

251
Bupati Sigi, Moh Irwan, didamping Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sigi, Nuim Hayat, melakukan silaturahmi dengan Pimpinan PT. PLN UP3 Palu, Muhammad Wardi Hadi serta pejabat PLN UP3 Palu lainya, bertempat disalah satu restoran di Kota Palu, Selasa, 26 November 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos., M.Si didampingi Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sigi, Nuim Hayat, melakukan silaturahmi dengan Pimpinan PT. PLN UP3 Palu, Muhammad Wardi Hadi serta pejabat PLN UP3 Palu lainya, bertempat disalah satu restoran di Kota Palu, Selasa, 26 November 2019.

Pada pertemuan tersebut ada tiga hal yang disampaikan dan dibahas oleh Bupati Sigi bersama Pimpinan PLN UP3 Palu, terkait informasi dan keluhan masyarakat yaitu putusnya jaringan listrik yang berada di wilayah Kecamatan Lindu, jaringan listrik tegangan tinggi/sutet dan penyelesaian tagihan listrik Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi pada PT. PLN Persero.

Muhammad Wardi Hadi menegaskan, sesuai harapan masyarakat Kecamatan Lindu, bahwa sebelum perayaan natal, masyarakat sudah dapat menikmati kembali aliran listrik dari PLN.

“Saya sendiri yang akan menggerakkan anggota untuk segera memperbaiki kembali jaringan listrik yang rusak akibat longsor dan banyaknya pohon tumbang yang menimpa kabel sehingga mengakibatkan putusnya jaringan listrik di wilayah tersebut,” tegasnya.

Untuk permasalahan jaringan Sutet yang melintas diatas rumah warga Desa Uwerani Kecamatan Palolo, Pimpinan PLN UP3 Palu menyampaikan bahwa hal tersebut sesungguhnya bukan menjadi kewenangan mereka, melainkan kewenangan dari unit induk pembangkitan dan penyaluran wilayah Sulawesi yang berada di Makasar. Dalam hal ini Pimpinan PLN UP3 Palu akan membantu memfasilitasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Hal ini tentu saja disambut baik oleh Bupati Sigi, yang mana selama ini telah menjadi harapannya dan khususnya kabar baik tersebut juga telah menjadi harapan masyarakat Kecamatan Lindu untuk bisa menikmati listrik kembali sebelum perayaan natal.

Sementara itu, Bupati Sigi, Moh Irwan, menyampaikan akan menyelesaikan tagihan listrik Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi pada PT. PLN Persero yang mana berdasarkan data dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sigi, tagihan listrik untuk tahun 2018 setiap bulanya senilai Rp 1.941.829.733.

Namun, kata Irwan, setelah lampu merkuri digantikan dengan lampu LED di beberapa titik, untuk Januari sampai Juni 2019, tagihan listrik setiap bulannya turun menjadi Rp. 1.569.715.003. Dan mulai bulan Juli sampai dengan sekarang tagihan listrik Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi setiap bulannya menjadi Rp. 554.386.403.

“Hal ini disebabkan, hampir disemua titik wilayah Kabupaten Sigi lampu merkuri telah digantikan dengan lampu LED dari PT. Solarens,” ungkapnya.

Irwan berharap, ke depannya dengan adanya penurunan pembayaran tagihan listrik, Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dapat menghemat pengeluaran daerah. Dan anggaran tersebut dapat dialihkan untuk pembangunan infrastruktur atau membiayai program pemerintah lainnya yang pro masyarakat.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas