Home Palu

Kurun Empat Bulan, Ragam Prestasi Nasional Diraih

311
PRESTASI - Salah satu siswa SMP Al Azhar Mandiri Palu saat meraih salah satu prestasi nasional, belum lama ini. (Foto: Ist)
  • SMP Al Azhar Mandiri

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Al Azhar Mandiri Palu, Ari Pratama, mengungkapkan, dalam waktu kurang lebih empat bulan terakhir, SMP Al Azhar Mandiri Palu meraih tiga prestasi dengan perolehan juara terbaik tingkat Nasional.

“Prestasi itu pertama diraih pada Juli 2019, siswa kami berhasil meraih medali perunggu dalam ajang Olimpiade  Sains Nasional (OSN) cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atas nama Ahmad Billah. Kemudian prestasi kedua di Oktober, melalui Tim Cerdas Cermat Kebudayaan dan Museum, siswa kami memperoleh Juara II tingkat nasional,” jelas Ari, di ruang kerjanya, Selasa, 26 November 2019.

Lomba cerdas cermat itu, kata Ari, diadakan oleh Museum Nasional dalam rangka memperingati Pekan Kebudayaan Nasional.

Selain itu, kata Ari, pada Agustus 2019, SMP Al Azhar Mandiri Palu juga berhasil memperoleh juara III untuk lomba story telling tingkat nasional.

“Selain di tingkat nasional, kita juga memperoleh beberapa juara regional se-Sulawesi, misalnya kemarin, pada ajang Olimpiade Biologi Event yang diadakan di Makkassar, yang pesertanya berasal dari sekolah-sekolah di Sulawesi, untuk lomba IPA-nya, kita mendapat juara II, sementara cabang lainnya, seperti story telling, kita dari SMP Al Azhar Mandiri Palu mendapatkan Juara I se-Sulawesi,” ujarnya.        

Kemudian, kata Ari, siswa SMP Al Azhar juga mendapatkan juara di tingkat kota dalam ajang Physics  Science Competition.

“Kami meraih juara I hingga juara IV, semuanya di boyong oleh SMP Al Azhar Mandiri Palu. Kemudian ada juga olimpiade fisika yang diadakan oleh FMIPA Fisika Untad, siswa kami juga berhasil merebut Juara I, II, III dan IV,” ungkapnya.

Ari mengaku, terus mendorong siswanya meraih prestasi yang lebih banyak lagi. Misalnya saat ini, kata dia, dirinya beserta para guru mendorong beberapa siswa yang dibagi dalam dua tim, akan mewakili Sulteng mengikuti lomba Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional.

“Dua tim yang berangkat ini adalah Tim Teknik Rekayasa, kemudian Tim dari IPA. Insyaallah hari ini mereka barangkat ke Jakarta, dan akan bertanding mungkin Rabu atau Kamis, untuk memperebutkan medali di tingkat nasional,” katanya.

Menurutnya, event-event yang mengarahkan peserta didik menjadi lebih baik harus selalu didukung, sediakan wadah bagi siswa untuk terus berprestasi.

“Saya berharap prestasi ini bisa menular kepada sekolah-sekolah lain di Sulteng, agar sama-sama maju. Sebenarnya Provinsi Sulteng bisa menjadi provinsi yang maju di bidang pendidikan,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas