Home Palu

Warga Donggala Kodi Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H

289
Suasana peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, di Kelurahan Donggala Kodi, kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Minggu 24 /11/2019. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id –  Warga di Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, memperingati  memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriyah. Kegiatan yang diinisiatif  Remaja Islam Masjid ((Risma) Babussalam, digelar  di Jalan Tolambu, RT 04/RW 04 Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Minggu (24/11/2019).

Ketua Panitia, Ihsan, menuturkan, tema pada kegiatan Maulid Nabi di tahun ini, ‘Wujudkan Jalinan Ukhuwah Islamiah, Menuju Generasi yang selalu Cinta Kepada Rasulullah SAW’. Ia mennguraikan dalam setiap item yang disajikan pada acara ini ada filosofi terkandung di dalamnya. Seperti pohon pisang hanya berbuah sekali, begitu juga manusia yang hidup hanya satu kali.

Kemudian, kata Ihsan, di dalam satu pohon yang sudah dihiasi dengan telur ada makna yang tersimpan. Seperti 99 telur, artinya adalah Asmaul Husna yang selalu didengungkan dan kumandangkan.

‘’Ada pohon pisang dengan jumlah telur 63, yaitu untuk melambangkan umur Nabi Muhammad SAW yang wafat pada usia itu. Semuanya ada 12 pohon pisang menandakan bahwa peringatan Maulid Nabi jatuh pada 12 Rabiul Awal atau hari kelahiran Nabi Muhammad Saw,” jelas Ihsan. ]      

Ditambahkan Ihsan,  masing-masing pohon berbagai warna yang mengambarkan tentang  kehidupan di dunia ini. Dan ada empat pohon lagi yang menandakan bahwa itu ada sahabat Nabi Muhammad Saw, Utsman, Ali, Abu Bakar, dan Umar.

“Satu pohon terdapat 33 hiasan telur atau melambangkan zikir yang setiap hari dan selesai salat kita ucapkan,” urai Ihsan. (*)

Reportar: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas