Lomba masak jadi salah satu rangkaian Palu Seafood Festival di Taman GOR, Sabtu lalu. Even ini direncanakan menjadi kegiatan tahunan dan menjadi bagian dari Sulteng Expo HUT Sulawesi Tengah. (Foto: Pataruddin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Palu Seafood Festival menjadi salah satu kalendar event tahunan di Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah. Ke depannya, festival ini akan ditingkatkan lagi kualitas, kategori dan pesertanya.

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Tengah sebagai pemrakarsa Palu Seafood Festival 2019 sudah menyiapkan agenda untuk momen berikutnya.

Ketua PHRI Sulawesi Tengah Ferry Taula mengatakan tahun depan seafood festival ini rencananya akan ikut bagian di Sulteng Expo.

“Ke depan pesertanya diharapkan akan lehih banyak dan bervariasi. Menu yang dilombakan juga diperluas, tidak terbatas masakan ikan,” kata Ferry Taula, Sabtu, 23 November 2019 di Taman GOR, Kota Palu.

Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Sulawesi Tengah Imelda Liliana Muhidin di sela-sela Palu Seafood Festival mengapresiasi even ini.

“APJI sangat apresiasi karena akan menambah pengalaman para anggota maupum peserta lainnya. Ke depan kita harapkan dihelat lebih baik lagi,” kata Imelda.

Politisi perempuan ini juga menilai pentingnya kampanye makan ikan, salah satunya membantu pengurangan stunting.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah I Nyoman Sriadijaya juga tampak setia bersama peserta lomba sejak pagi hingga acara selesai.

Palu Seafood Festival 2019 memang eksebisi. Sebelumnya panitia berharap dari kalangan umum terutama ibu-ibu di daerah terdampak bencana seperti Balaroa, Lere, Petobo, Jono Oge dan Sibalaya. Tetapi sampai pada pelaksanaan, peserta yang ikut lomba masih dari kalangan instansi pemerintah maupun dharma wanita.

Dari 16 tim peserta, juri yang terdiri dari chef berpengalaman menetapkan tiga tim juara dan tiga tim juara favorit. Tampil sebagai pemenang I Tim APJI Propinsi Sulteng II, juara II Persit KCK dan juara III APJI Propinsi I, juara Harapan I DW Biro Umum, Harapan II Dinkes Propinsi dan Harapan III Dinas Tanaman Pangan. Sementara tim dari Dinas Koperaai sebagai juara favorit.

Reporter: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas