Home Donggala

Nelayan Wani I Terima Delapan Unit Perahu Wakaf

219
Sejumlah Nelayan penerima manfaat perahu wakaf dari Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap melakukan uji kelayakan perahu di Pantai Wani I Donggala, Jumat (22/10). (Foto: Ist/ Dok. ACT)

Donggala, Metrosulawesi.id – Sedikitnya delapan unit perahu wakaf diberikan kepada para nelanan di Desa Wani I, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Selain perahu, nelayan yang terdiri dari 16 Kepala Keluarga juga menerima bantuan alat penagkap ikan.

Perahu Wakaf beserta peralatan menangkap ikan, merupakan bantuan atas kerjasama Yayasan Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (Global Wakaf ACT), dengan Media Republika. Pemberian bantuan perahu dan peralatan tangkap ikan diserahkan Jumat 22/11/.2019.

Implementator program Global Wakaf ACT, Mohammad Jakfar, mengatakan penerima perahu wakaf tersebut merupakan para nelayan korban daridampak tsunami yang melanda Kabupaten Donggala, September 2018 lalu, dan mereka telah didata lebih dulu agar penerima manfaat tersebut benar-benar tepat sasaran.

Menurut Jakfar sapaan akrabnya, para nelayan penerima manfaat itu juga akan dilakukan pendampingan yang nantinya mengawal  proses pemasaran agar nelayan setempat tidak kesulitan menjual hasil tangkapan maupun memberikan penguatan-penguatan yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi.

Dijelaskan pula, masing-masing kelompok nelayan itu juga akan mendonasikan dua puluh persen dari hasil penjualan yang nantinya akan digunakan untuk perbaikan perahu maupun modal usaha bagi ibu-ibu nelayan setempat untuk mengelola hasil laut.

“ hasil penjualan nelayan itu akan disisipkan dua puluh persen untuk perbaikan-perbaikan perahu yang rusak maupun memberdayakan ibu-ibu nelayan setempat, ” ujar jakfar. (*/edy)

Ayo tulis komentar cerdas