Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira, memberikan dukungan kepada Kasubag Kajian dan Dokumentasi Hukum Set DPRD Sulteng, Arsy Mahmud Pontoh, atas pengembangan inovasi dalam mempermudah akses dokumentasi hukum. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sekretariat DPRD Sulawesi Tengah, khususnya Bagian Kajian dan Dokumentasi Hukum menciptakan aplikasi Sisdokum (sistem dokumentasi hukum) berbasis android. Sisdokumen merupakan sistem dimana semua dokumen hukum produk DPRD Sulawesi Tengah dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui smart phone.

Kasubag Kajian dan Dokumentasi Hukum DPRD Sulteng, Arsy Mahmud Pontoh, selaku penemu aplikasi Sisdokum kepada Metrosulawesi Selasa 19 November 2019 menjelaskan, Sisdokum merupakan layanan kepada anggota DPRD serta masyarakat agar lebih mudah dalam mengakses produk yang telah dihasilkan, khususnya produk hukum dari DPRD Sulteng.

“Semua produk hukum DPRD Sulteng, apakah apakah itu Perda, Peraturan DPRD ataupun keputusan DPRD kini dapat diakses melalui smart phone. Jadi kapan saja dan dimana saja, anggota dewan serta masyarakat dapat mengaksesnya tanpa harus ke DPRD lagi atau bagian hukum kantor Gubernur Sulteng, cukup melalui hand phon saja,” tutur Arsy, usai mendapat dukungan dari Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira.

Bukan produk hukum yang sudah ditetapkan, yang dalam rancangan juga dapat diakses lewat Sisdokum, sehingga sangat membantu bagi anggota dewan dalam menuntaskan pembahasannya, karena kemana saja anggota melakukan konsultasi, tidak lagi membawa setumpuk berkas, cukup membuknya lewat hand phon.

“Lahirnya Sisdokum memberi efisiensi waktu dan anggaran, sehingga hasilnya lebih maksimal. Sebab, produk yang telah dibahas maupun yang dalam pembahasan, semua masuk dalam Sisdokum,” terangnya.

Lanjutnya, untuk mengakses Sisdokum, masyarakat khususnya pengguna android, dapat menginstal aplikasi kedalam hand phone mereka. Cukup masuk lewat play store dan cari Sisdokum lalu instal, masyarakat sudah memiliki seluruh produk hukum dari DPRD Sulteng, baik yang sudah ditetapkan maupun yang tengah dibahas.

Lahirnya aplikasi Sisdokum mendapat dukungan penuh dari anggota DPRD Sulteng. Diakui Sisdokum mempermudah kerja-kerja anggota dewan, khususnya menjalankan fungsi legislasi.

Untuk menjangkau lebih luas pengguna smart phone, Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira, memberikan masukan agar Sisdokum juga dapat diakses smart phone berbasis IOS.

“Sisdokum sangat bagus, karena mempermudah masyarakat mengakses produk hukum, khususnya yang dihasilkan DPRD Sulteng. Supaya Sisdokum menjangkau lebih luas, saya harap Sisdokum juga hadir di smart phone berbasis IOS,” harap Nilam Sari Lawira, saat memberikan dukungan lahirnya Sisdokum.

Wanita berjilbab itu berharap, Sisdokum juga menjadi salah satu alat bagi masyarakat untuk mengetahui kinerja anggota dewan, utamanya dalam melahirkan peraturan.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas