Home Ekonomi

Pelaku Usaha Dilatih tentang Kemasan Produk

Kadis Koperasi dan UKM Sulteng, Eda Nur Ely didampingi Kepala UPT Pelatihan, Marjan melihat kemasan produk milik peserta pelatihan kemasan, Senin, 18 November 2019. (Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kemasan menjadi faktor penting pada sebuah produk. Bahkan kemasan yang menarik menjadi penentu dalam menghadapi persaingan usaha.

Karena itu puluhan pelaku usaha dari kabupaten dan kota se Sulteng diikutkan dalam pelatihan kemasan yang digelar UPT Pelatihan, Dinas Koperasi dan UKM Sulteng, Senin, 18 November 2019.

Kadis Koperasi dan UKM Sulteng, Eda Nur Ely dalam sambutannya membuka kegiatan itu mengatakan, kemasan sangat penting karena fungsi dan kegunaannya dalam meningkatkan mutu dan daya jual produk.

‘’Kemasan produk selain berfungsi sebagai pengaman, juga sebagai promosi produk,’’ kata Eda Nur Ely.

‘’Kemasan yang baik dan menarik akan memberikan nilai tersendiri sebagai daya tarik bagi konsumen,’’ lanjutnya.

Menurutnya, kemasan masih menjadi salah satu masalah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Pesoalan yang seriang dihadapi seperti bahan pengemas, desain bentuk kemasan, desain label, sampai pada persoalan paling utama yakni biaya pembuatan kemasan.

Tetapi, menurut Kepala Dinas, kemasan yang menarik tidak selalu identik dengan harga kemasan yang mahal.

‘’Dengan bahan kemasan yang biasa-biasa saja, asalkan dirancang desainnya dengan baik dan menarik pasti tidak akan kalah bersaing dengan kemasan-kemasan lainnya,’’ katanya.

Dalam pelatihan, para pelaku usaha mendapat pengetahuan tentang tata cara pengemasan dan pelebelan, teknik desain kemasan, praktik pebuatan kemasan dan lain sebagainya.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas