Home Sulteng

11.000 KK Warga Miskin Belum Terima Manfaat PKH

241
Muhammad Natsir. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) dari pengelola Program keluarga Harapan (PKH), sebanyak 19.896 Kepala Keluarga (KK) di Kota Palu tercatat masuk dalam garis kemiskinan yang layak sebagai penerima manfaat PKH.

Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) PKH Provinsi Sulteng, Muhammad Natsir, mengungkapkan dari jumlah itu, baru sekitar 8.700 KK yang baru menerima bantuan PKH. Itu artinya, ada 11.000 KK lebih warga miskin ibu kota Sulteng yang belum tercover PKH.

“Belum semua masuk dalam daftar penerima manfaat dari PKH karena kuotanya terbatas,” ungkap Natsir di Palu, Rabu, 13 November 2019.

Natsir menjelaskan, 19.896 KK itu merupakan data kemiskinan yang ada dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Data itu yang dijadikan rujukan untuk diajukan penerima PKH di Kota Palu.

Namun demikian belum tentu secara otomatis masuk dalam daftar karena sistem pengusulannya menunggu saat ada penerima yang sudah dinyatakan keluar dari zona graduasi atau kemiskinan melalui asesmen. Setelahnya barulah dilakukan pengusulan pergantian kepada penerima baru.

“Kalau peserta sudah dinyatakan graduasi, maka  keluar dari kepesertaan. Kemudian diajukan lagi masyarakat yang layak untuk menggantikan sesuai jumlah yang graduasi tadi,” terang Natsir.

Natsir menambahkan hingga saat ini penyaluran dana PKH di Sulteng, khususnya di Kota Palu yang dilakukan per triwulan berjalan tepat waktu sesuai prosedur yang telah ditentukan.   Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulteng, Ridwan Mumu. Menurut Ridwan penyaluran dana PKH sudah dilakukan sesuai jadwal dan tepat sasaran.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas