PERIKSA PASUKAN - Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Drs. Lukman Wahyu Hariyanto,M.Si, saat melakukan pemeriksaan pasukan dalam upacara HUT Korps Brimob ke-74, yang dilaksanakan di Mako Brimob Polda Sulteng. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah Brigadir Jendral (Brigjen) Polisi, Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si pimpin upacara Ulang Tahun Korps Brimob ke-74 di lapangan Maka Brimob, Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kamis, 14 November 2019. HUT Kops Brimob ke-74 tahun ini diperingati secara serentak oleh seluruh Korps Brimob Polri di seluruh Indonesia termasuk Polda Sulteng.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Polisi, Idham Azis,
M.Si, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, menyampaikan, tema Hut Brimob tahun ini mengusung “Brimob untuk indonesia”, dimana ada beberapa penekanan yang harus  dilakukan seluruh personil Korp Brimob di Indonesia yang harus dipedomani dan dilaksanakan.

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, Kedua, kata Kapolda, jaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri, dengan menghindarkan diri dari berbagai pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

“Ketiga, tingkatkan soliditas dan sinergisitas dengan personel TNI di semua tingkatan, kembangkan kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan, dan masyarakat, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

“Keempat, terus belajar dan berlatih guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, dan yang Kelima terus pelihara kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana pendukung serta persiapkan rencana dengan optimal dalam setiap tugas yang diberikan,” tambahnya.

Setelah melaksanakan upacara, sejumlah atraksi diperagakan, diantaranya senam balok dan halang rintang yang melibatkan Personel Sat Brimob Polda Sulteng. Namun yang cukup menarik perhatian adalah adanya peragaan SWAT yang ditampilkan oleh Murid TK Bhayangkari Brimob Polda Sulteng yang disambut tepuk tangan meriah, baik dari peserta upacara maupun tamu undangan yang  hadir.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Sulteng juga memberikan penghargaan terhadap tiga personel Sat Brimob Sulteng, yakni Aipda. Andrew, yang pernah tertembak saat bertugas sebagain pasukan Ops Tinombala 2018, begitu pula Briptu. Baharudin dan Bharatu. Samsu Alam, mengalami hal yang sama saat bertugas di Ops Maleo 2014. Pemberian penghargaan tersebut diberikan atas pengabdian dan pengorbanan personel dalam melaksanakan tugas Polri.

Dalam kesempatan itu juga, dilaksanakan pemberian piala perlombaan menembak Kapolda Cup 2019 yang terdiri dari 7 kategori, dan tampil sebagi Juara Umum adalah Galih Wahyu Jananuraga dari Tim Kobra SC. Turut hadir pada upacara ini, Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf. Agus Sasmita, Irwasda Polda Sulteng, Kombes Pol. Drs. Aries Syarief Hidayat, M.M., Pejabat Utama Polda Sulteng, Kapolres jajaran Polda Sulteng, seluruh Bupati di Sulteng, dan unsur Forkopimda Sulteng.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas