Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos.,M.Si didampingi Kadis Pariwisata Sigi Diah Agustiningsih Entoh dan Waka Polres Sigi melihat hasil kerajinan tangan yang berada di kios cinderamata pariwisata. (Foto: Ariston Aporema Sorisi/ Metrosulawesi)
  • Pacu Pertumbuhan Ekonomi Pascabencana

Sigi, Metrosulawesi.id – Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi terus membantu dan mendorong tumbuhnya stabilitas ekonomi bagi masyarakat yang terdampak bencana. Pasca bencana di Kabupaten Sigi beberapa waktu lalu, banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya.

Demikian dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sigi, Diah Agustiningsih Entoh usai diresmikannya Kios Cinderamata Pariwisata oleh Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos.,M.Si, di Permandia Air Panas Bora, belum lama ini.

“Kita kan kemarin terkena dampak bencana sehingga kehilangan sumber-sumber ekonomi jadi kita buat ini, kita dorong UMKM produk-produk yang dihasilkan masyarakat, mulai dari kerajinan tangan, fashion, maupun kuliner agar masyarakat juga dapat menghasilkan sehingga perputaran ekonomi juga dapat stabil nantinya” ujar Kadis.

Berbagai hasil UMKM yang dihasilkan masyarakat, mulai dari kerajinan tangan, seperti gantungan kunci dari tempurung kelapa, kain tenun khas masyarakat Sigi, kuliner seperti kopi dan bawang goreng.

Kata Diah, beberapa hasil UMKM masyarakat ini tidak hanya dijual di kios cinderamata milik Dinas Pariwisata Sigi, namun juga di pasarkan ke beberapa tempat salah satunya Bandara Mutiara Sis-Aljufri Kota Palu.

“Selain di sini, kita juga pasarkan di bandara, karena banyak pengunjung di sana, untuk oleh-oleh dari Sigi,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kios cinderamata pariwisata dapat membantu pertumbuhan ekonomi pada masyarakat Kabupaten Sigi.

“Berharap kios cinderamata ini benar-benar dapat memberi dampak untuk menumbuhkan ekonomi, apalagi bagi masyarakat terdampak bencana,” tuturnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas