Home Sigi

Tulo Rarantea Diresmikan Jadi Desa Persiapan

364
Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos.,M.Si meresmikan desa persiapan yaitu Desa Tulo Rarantea, Kecamatan Dolo, Jumat 8 November 2019. (Foto: Ariston Aporema Sorisi/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos.,M.Si meresmikan desa persiapan yaitu Desa Tulo Rarantea, Kecamatan Dolo, Jumat 8 November 2019. Desa Tulo Rarantea sebelumnya adalah Dusun III yang berada di Desa Tulo, Kecamatan Dolo.

Moh Irwan mengatakan, pemekaran sebagai wujud dari serapan aspirasi yang berkembang di masyarakat.

“Idealnya dapat meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan publik guna percepatan terwujudnya kesejahteraan masyarakat dalam sebuah keselarasan untuk pendek rentang kendali sehingga efektivitas penyelenggaraan pemerintahan yang hirarki dan pengelolaan pembangunan dapat terwujud” ujar Bupati.

Adapun tujuan pemekaran desa ini yaitu mewujudkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik, serta peningkatan tata kelola pemerintahan desa.

Kata Bupati, tugas yang tidak mudah menanti bagi pejabat kepala desa persiapan Tulo Rarante. Dalam jangka waktu 1 sampai 3 tahun harus mempersiapkan desanya untuk dievaluasi oleh tim penataan desa.

“Untuk itu diharapkan kerjasama dan pendampingan yang baik dari Desa Tulo selaku desa induk karena selama masih  berstatus sebagai desa persiapan maka wilayah Ddesa pemekaran masih merupakan tanggung jawab dari desa induk,” harap Bupati.

Di akhir arahannya, ia mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Desa Tulo terkhusus Dusun III Rarantea atas terbentuknya desa persiapan Tulo Rarantea, Kecamatan Dolo.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas