Peserta turnamen sepak bola usia dini, Firdaus Kindo Cup. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)
  • Tanpa Bantuan KONI dan Hanya Modal  Semangat

Donggala, Metrosulawesi.id – Persepakbolaan di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, tidak lepas dari sosok Firdaus Kindo Lamarauna. Mantan pemain dan pelatih sepak bola di Kabupaten tertua ini, punya andil besar terhadap perkembangan sepak bola di Kabupaten Donggala.

Untuk mengenang jasa-jasa almarhum Firdaus Kindo ini, sekelompok pemuda di Donggala,  menggelar turnamen sepak bola usia dini (U-12). Turnamen yang dikemas dengan nama Firdaus Kindo Cup, Senin 11 November 2019 mulai digulir di lapangan  sepak bola Persido, Kecamatan Banawa.

‘’Bermodal semangat turnamen ini kami gulir.Tujuan  semata-mata  untuk mengenang almarhum Firdaus Kindo yang sangat peduli terhadap sepak bola di Donggala,’’ ujar Fauzi selaku ketua panitia turnamen Firdaus Kindo Cup.

Dijelaskan Fauzi, turnamen Fiirdaus Kindo Cup U-12 , digulir selama sepekan dengan jumlah klub terbatas. Khusus kali ini hanya fokus klub-klub sepak bola di Wilayah Kecamatan Banawa.

‘’Karena keterbatasan dana, turnamen kali ini masih dikhususnya klub yang ada di Kecamatan Banawa,’’ jelasnya.

Sifatnya langkah awal, lanjut Fauzi, tidak lain mengikuti jejak almarhum yang memulai aktifitas kepelatihannya ditujukan kepada anak-anak yang ada di Wilayah Banawa.

Diungkannya, Firdaus Kindo , kala itu melatih anak-anak dari seputaran Loli hingga Kelurahan Ganti, dimana terdapat lima desa dan sembilan kelurahan.  

‘’Jadi alasan peserta dibatasi yang pertama hanya fokus peserta di Wilayah Banwa saja, Sedang alasan kedua, menyangkut pendanaan termasuk bonus bagi peserta,’’ ungkapnya.

Menyinggung soal bantuan pemda maupun KONI Kabupaten Donggala, Fauzi  mengungkapkan pihaknya belum menerima bantuan baik dari pemda maupun KONI.

‘’Meski belum ada bantuan, turnamen ini tetap dilaksanakan.”

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Donggala, Asgaf Umar, mengatakan pihaknya belum bisa memberikan bantuan pelaksanaan turnamen Firdaus Kindo Cup.

‘’Kamki belum menerima permohonan turnamen tersebut. Harusnya masukkan dulu proposalnya,’’ tulis Asgaf melalui pesan Whatsapp kepada Metrosulawesi.id.

Pada partai perdana turnamen Firdaus Kindo Cup, mempertemukan klub  Pesli Limboro versus Kabonga Putra yang berkesudahan dengan skor akhir 6-3 untuk kemenangan skuad Kabonga Putra.

Reporter: Tamsyir Ramli

Ayo tulis komentar cerdas