Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palu Ikbal Khan (tengah) saat konfrensi pers terkait dibukanya pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota Palu, Minggu 3 November 2019 disalah satu restoran di Kota Palu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Partai Demokrat (PD) Kota Palu memanaskan konstalasi politik di bumi Tadulako, jelang pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwakot) Palu, 2020 mendatang.

Rilis yang diterima media ini menyebutkan, pendaftaran bakal calon (balon) dibuka di Sekretariat DPC Partai Demokrat (PD) Kota Palu, Jalan Sam Ratulangi Kelurahan Besusu, mulai Rabu, 6 November 2019.

“Berdasarkan instruksi dan petunjuk DPD Partai Demokrat Provinsi Sulteng, bahwa DPC Partai Demokrat Kota Palu, untuk segera membuka proses pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Kota Palu Tahun 2020. Disepakati sejak Rabu 6 November 2019,” kata Ketua DPC PD Kota Ikbal Basir Khan, SH, saat menggelar konferensi pers di Foodie Cafe & Resto yang dihadir pengurus serta anggota Fraksi PD Kota Palu, Minggu ( 3/11/2019).

Dijelaskan Ikbal Khan, bahwa pendaftaran penjaringan ini terbuka untuk semua bagi yang ingin berkontestasi pada Pilwakot 2020 mendatang.

“Intinya ini terbuka untuk umum, kita mengedepankan asas keterbukaan, keadilan, demokrasi dan akuntabel. Nanti pada saat para Balon Pilkada mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPC akan kita jelaskan semua tentang administrasi yang harus dilengkapi,” sebut Ikbal Khan.

Makanya, tambah poltisi Partai Demokrat ini, untuk pendaftaran Balon Walikota dan Wakil Walikota, hanya melalui satu pintu yakni di Sekretariat DPC Demokrat Kota Palu.

Meski demikian pihaknya tidak membatasi golongan yang ingin mendaftar. Partai Demokrat,membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat yang berminat ikut kontestasi.

”Kader partai memang diutamakan dalam setiap hajatan politik, itupun berlaku pada semua partai. Tapi itu bukan menandakan partai kita tertutup bagi orang luar. Bagi masyarakat yang tertarik untuk ikut, ya silahkan bergabung,” tandas Ikbal.

Ia juga menegaskan bahwa dalam penjaringan balon Walikota Palu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) hanya beperan pada tahap pendaftaran. Untuk seleksi balon ditingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) untuk kemudian diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) guna mendapatkan rekomendasi dukungan Partai Demokrat untuk di usung sebagai calon Walikota Palu. (*)

Reporter: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas