Home Donggala

Mobil Bumdes Bambarimi Digadaikan di Leasing

456
Takwin. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Aset desa berupa satu unit mobil bumdes jenis open cup digadai oleh oknum pejabat desa di salah satu perusahaan pembiayaan (leasing) untuk kepentingan pribadinya. Praktik tidak terpuji ini terjadi di desa Bambarimi Kecamatan Banawa Selatan, Donggala.

Kades Desa Bambarimi, Suardi yang dikonfirmasi via telepon 082189509XX Rabu 30 Oktober 2019, mengaku tidak mengetahui ada persoalan peminjaman sejumlah dana kepada leasing yang dilakukan oknum pejabat di pemerintahannya.

“Maaf pak saya tidak tahu. Saya baru dengar ini mobil Bumdes Bambarimi digadai di leasing. Coba komiu hubungi ketua Bumdesnya pak Andi Aziz,” katanya dengan suara bergetar.

Saat diminta nomor kontak Andi Aziz—Suardi pun mengaku tidak tahu. Demikian pula ketika ditanya jumlah dana yang dipinjam, pun dia mengaku tidak tahu.

“Maaf pak tidak ada nomornya Andi Aziz dengan saya. Besaran uang pinjaman saya tidak tahu juga. Nanti bapak hubungi pak Andi Zziz saja, tanya ke dia. Tidak ada nomor hp-nya dengan saya,” tutupnya.

Terpisah, Ketua DPRD Donggala, Takwin yang berasal dari dapil desa Bambarimi, ketika dimintai keterangan mengenai kasus itu mengakui, memang ada peristiwa peminjaman sejumlah dana dilissing dengan menggadaikan BPKB mobil Bumdes.

“Iya benar. BPKB mobil Bumdes digadai di leasing, sekitar Rp80 juta lebih dana yang dipinjam. Belum lama ini ada beberapa pejabat desa bertandang ke rumah mengeluh persoalan ini,” sebutnynya.

Olehnya kata Takwin, ia meminta para pejabat desa menyelesaikan persoalan ini secepatnya, karena menjualan aset negara adalah pelanggaran berat.

“Saya juga belum mengetahui pasti siapa di belakang dari oknum pejabat desa yang berani menggadaikan aset negara. Kalau tidak mau berurusan dengan hukum saya perintahkan selesaikan secepatnya,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas