Home Palu

Wings Air Kembali Layani Rute Ampana-Palu

1020
Risal Panjili. (Foto: Saiful/ Metrosulawesi)
  • Terbang Setiap Hari, Jadwal Berubah

Touna, Metrosulawesi.id – Semenjak 3 Oktober 2019, pihak manajemen Wings Air menutup beberapa rute penerbangan dalam negeri. Salah satu rute penerbangan yang ditutup sementara adalah rute Palu ke Ampana dan sebaliknya.

Namun hal itu tidak berlangsung lama, sejak 27 Oktober 2019, perpanjangan persetujuan rute penerbangan Wings Air melalui Bandara Tanjung Api Ampana serta Bandara Sis Aljufrie di Palu akhirnya resmi beroperasi. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tojo Unauna Risal Panjili SE , kepada wartawan, Selasa membenarkan, Bandara Tanjung Api di Ampana kembali normal dalam pelayanan kepada penumpang yang menggunakan jasa maskapai Wings Air.

“Upaya dari Pemerintah Daerah Tojo Unauna untuk membangun dan mengembangkan daerah adalah komitmen bersama, sehingga salah satu upaya dari hal tersebut adalah disektor wisata melalui jalur udara, kini maskapai Wings Air kembali beroperasi meskipun sempat selama hampir tiga pekan tidak ada penerbangan,” ungkap Risal. 

Masih dijelaskan Risal yang Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Tojo Unauna, perpanjangan persetujuan penerbangan rute dalam negeri Palu ke Ampana PP maskapai Wings Air telah disetujui Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara sejak tanggal 27 Oktober 2019. Adapun izin perpanjangan penerbangan ditandatangani Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti.

Adapun aktifnya kembali Bandara Tanjung Api Ampana kata Risal, telah diberitahu kepada Bupati Tojo Unauna Muhammad Lahay SE terlebih lebih kepada masyarakat khususnya bagi mereka yang sering menggunakan jasa maskapai Wings Air. 

Lanjut Risal,  perpanjangan kembali rute Palu ke Ampana dan sebaliknya dengan maskapai Wings Air diperpanjang mulai 27 Oktober 2019 hingga 28 Maret 2020.

“Perpanjangan izin rute dari Kemenhub merupakan usulan dari maskapai Wings Air, hal itu memberikan tanda bahwa penerbangan Wings Air masih terus berlanjut,” tegas nya. 

Adapun jadwal penerbangan serta frekwensi dari Wings Air menurut Risal, berubah jam penerbangan yakni pukul 13.30 Wita dari Palu ke Ampana yang sebelumnya pagi pukul 09,15, Wita, sedangkan frekwensi penerbangan sebanyak 7 kali dalam seminggu, artinya penerbangan setiap hari.  Terus bagaimana dengan rencana Pemkab Tojo Unauna yang berencana mendatangkan pesawat perintis? Dijelaskannya, bahwa rencana itu tetap ada, semua tergantung dari Kementerian Perhubungan.

Reporter: Saiful
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas