Home Ekonomi

Investasi Emas Pegadaian Syariah Terus Meningkat

302
Terlihat aktifitas transaksi di PT Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Investasi emas melalui program tabungan emas Pegadaian Syariah Palu Plaza terus mengalami peningkatan secara presentase. Hal itu membuktikan bahwa masyarakat Kota Palu sudah teredukasi secara efektif dan melek terhadap mekanisme investasi yang kebal fluktuasi mata uang dan inflasi tersebut.

Hal itu dikatakan Asisten Manager Operasional Pegadaian Syariah Palu Plaza, Al Ichwan M. Kepada Metrosulawesi saat ditemui di Kantornya di komplek Palu Plaza, Senin (28/10/2019).

“Dari tahun lalu, pembukaan rekening tabungan emas teru mengalami peningkatan dari 30 persen sampai dengan 50 persen,” tuturnya.

Menurutnya, berkat program ini, investasi berubah menjadi salah satu alternatif penyimpanan aset yang dapat dijangkau seluruh kalangan kelas ekonomi.

Pasalnya, dalam mekanismenya, Pegadaian Syariah tidak membatasi nominal yang harus disetorkan pemegang rekening untuk berinvestasi. Dan nantinya nominal setor akan dikonfersi menjadi emas sesuai dengan harganya saat ini.

Sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan mode investasi lain yang membutuhkan budgeting yang besar, contohnya saja properti, saham, sektor perbankan dan jenis lainnya.

“Kesadaran investasi itu muncul dari semua kalangan. Bagusnya bahwa harga emas itu potensi meningkatnya sangat besar, terakhir kami launching program ini harganya per 0,01 gram Rp5.000, sekarang sudah Rp7.000. Sebenarnya bukan harga emasnya yang naik, tetapi rupiah kita yang anjlok. Namun bisa dilihat, itu dampaknya kepada emas juga mengalami pertumbuhan harga,” ungkapnya.

Ichwan menambahkan, menabung dengan menggunakan emas sebenarnya merupakan salah satu alternatif melindungi aset. Bahkan, manfaat lain bisa didapatkan seperti menjadi elternatif tabungan rencana untuk biaya jangka panjang seperti pendidikan karena Pegadaian Syariah juga menyematkan regulasi untuk dapat menggadaikan aset tabungan emas itu untuk kemudian bisa ditebus kembali.

“Kita nanti akan lock besaran emas yang digadaikan di kami. Itu fix tidak bisa dilakukan transaksi apa-apa sampai bisa ditebus kembali. Jika sudah bisa ditebus, ya bisa ditebus dengan dikenakan biaya administrasi yang sangat terjangkau. Tabungan emas itu juga dikenakan biaya administrasi (biaya titip), namun per tahun, Rp30 ribu, beda jauh dengan investasi lain yang harus memakan banyak dari aset,” tuturnya.

Untuk dapat membuka rekening tabungan emas, syarat dan ketentuannya cukup mudah. Hanya membutuhkan KTP elektronik dan biaya Rp51.000 yang langsung masuk rekening tabungan dalam bentuk saldo emas 0,01 gram.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas