FOTO BERSAMA - Sejumlah siswa SMPN 1 Palu saat foto bersama usia meraih penghargaan di Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Malang (UNM) belum lama ini. (Foto: Ist)
  • Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 1 Palu kembali mengharumkan nama Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu, sejumlah siswanya berhasil meraih medali perunggu serta penghargaan lainya dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Malang (UNM) belum lama ini.

“Alhamdulillah SMPN 1 Palu kembali mengukir prestasi di tingkat nasional, tentunya prestasi ini cukup membanggakan bagi para guru, siswa, maupun orang tua, serta daerah, sebab prestasi yang diraih ini tidaklah mudah, karena persaingan di nasional begitu ketat,” kata Kepala SMPN 1 Palu, Farida Batjo di ruang kerjanya, Selasa, 15 Oktober 2019.

Kata Farida, meskipun keadaan Kota Palu belum terlalu pulih akibat bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi, 28 September 2018, namun para siswa SMPN 1 Palu tetap semangat dan cepat bangkit, sehingga mereka bisa meraih prestasi membanggakan.

“Semangat dan kemauan anak-anak didik kita sangat cepat sekali bangkit, tentunya semua ini berkat kerjasama sekolah dan orang tua, dalam memberikan support (dukungan) kepada peserta didik kita, untuk lebih meningkatkan prestasinya, baik itu bidang akademik maupun non akademik,” ujarnya.

Farida mengaku, akan terus mendorong para guru pembina agar tetap mempertahankan prestasi peserta didiknya.

“Siswa kami membawa dua judul karya tulis ilmiah untuk di perlombakan, kedua judul itu berhasil meraih penghargaan. Diantaranya yakni judul Kunci Pintu Toilet Umum Otomatis Berbasis Sensor Passice Infra Red (PIR), judul kedua, Sedotan Sehat Berbahan Dasar Tepung Kelor, yang merupakan salah satu solusi pengurangan limbah plastik,” jelasnya.

Farida berharap, judul karya ilmiah ini dapat diwujudkan oleh siswa dalam bentuk nyata, sehingga bisa bermanfaat untuk sekolah.

“Kami pihak sekolah siap menyiapkan sarana pendukung untuk mewujudkan karya tulis ilmiah siswa itu, sehingga apa yang ditulis mereka itu bisa dilihat secara nyata,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas