Home Buol

Meriah, Penutupan Gelar Budaya Sulteng

317
Bupati Buol Amirudin Rauf mewakili gubernur Sulteng menutup pelaksanaan Gelar Budaya Indonesiana Provinsi Sulteng, Jumat, 11 Oktober 2019. (Foto: Dok Panitia)

Palu, Metrosulawesi.id – Dihelat selama 4 hari, Gelar Budaya Indonesiana II Provinsi Sulteng 2019 di Kabupaten Buol, berakhir Jumat malam, 11 Oktober 2019. Iven kebudayaan seluruh kabupaten dan kota di Sulteng itu ditutup oleh Bupati Buol Amirudin Rauf mewakili Gubernur Sulteng H Longki Djanggola. 

Kemeriahan mewarnai acara penutupan yang digelar di lapangan eks STQ kompleks perkantoran Kelurahan Leok II, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol. Sejumlah pertunjukan ditampilkan di hadapan ratusan warga Buol yang memadati lapangan.

Menurut salah seorang panitia provinsi, Sofyan Tadorante, warga Buol sangat antusias menyaksikan semua pertunjukan seni budaya sejak hari pertama.

”Tidak hanya di lapangan, di lokasi kegiatan lain juga padat pengunjung, misalnya di lokasi pameran,” kata kepala Seksi Kesenian itu berdasarkan pengamatannya di arena gelar budaya. 

Seperti diberitakan, Gelar Budaya Indonesiana II Provinsi Sulteng tahun 2019 mengusung tema “Mongunom Rlipu”. Bahasa daerah Kabupaten Buol ini mengandung arti pengobatan. Namun diangkat menjadi tema dalam gelar budaya ini mengandung arti perbaikan negeri.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas