Home Poso

Pengerukan Danau Poso Dimulai

BERI KETERANGAN - Suasana konferensi pers yang digelar PT. Poso Energy dan Pemerintah Daerah Poso, Kamis 10 Oktober 2019. (Foto: Saiful/ Metrosulawesi)
  • Jembatan Mpamona di Tentena Segera Dibongkar

Poso, Metrosulawesi.id – PT. Poso Energy dan Pemerintah Daerah Poso segera melakukan pembongkaran jembatan kayu Mpamona di Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba, Poso, Sulteng pada tanggal 14 Oktober 2019.

Humas PT. Poso Energy Aslori Illham, kepada wartawan mengatakan, Bupati Poso Darmin Sigilipu sudah meminta perusahaan untuk segera mengerjakan proyek pembongkaran jembatan.

“Bupati Poso sudah membentuk tim terpadu dengan dinas-dinas terkait untuk segera memulai pekerjaan pembongkaran jembatan ini,” jelas Aslori, Kamis 10 Oktober 2019.

Dia juga mengakui ada penolakan pembongkaran jembatan dari beberapa elemen masyarakat Tentena. Namun, pihak perusahaan juga telah bertemu dengan beberapa komunitas warga, lembaga adat, tokoh agama.

Secara teknis pembongkaran jembatan akan dilakukan pihak kecamatan sebagaimana kesepakatan antara Pemda dan PT. Poso Energy.

“Pembongkaran akan dilakukan oleh warga dari 10 desa yang ada di kecamatan Pamona Puselemba, dengan cara satu desa mengerjakan 15 meter dari 210 meter panjang jembatan,” terang Aslori.

Dimana satu desa dialokasikan dana sebesar Rp15 juta untuk biaya pembongkaran. “Perusahaan hanya menyiapkan dana tersebut sebagaimana kesepakatan dengan Pemda Poso sebagai bentuk pemberdayaan.masyarakat desa,” jelasnya.

Pembongkaran jembatan kayu Mpamona itu dilakukan lewat CSR PT. Poso Energy. Remcananya jembatan dibongkar untuk dibangun lagi jembatan yang lebih layak dan kuat dengan rangka baja tanpa menghilangkan identitas budaya lokal.

Tak hanya jembatan yang akan dibangun kembali, perusahaan juga merelokasi pedagang yang terdampak pembangunan jembatan dilokasi yang lebih layak didekat terminal Tentena. Dilokasi itu, kata Aslori perusahaan telah membangunkan lapak pedagang dengan semua fasilitasnya.

Pembangunan kembali jembatan Mpamona, lanjut Aslori, merupakan bagian dari proyek penataan danau Poso yang dilakukan PT. Poso Energy yang telah dilakukan sejak 9 September 2019.

Proyek pengerukan dasar danau Poso akan mengambil titik dari muara danau Poso di jembatan beton hingga 13 kilometer ke sungai Poso di Desa Saojo, dengan kedalaman dua hingga empat meter, dari kedalaman muara danau Poso saat ini yang hanya satu meter.

Pengerukan dasar muara danau Poso dilakukan guna mengatasi ancaman pendangkalan muara danau Poso yang mulai terjadi.

Reporter: Saiful
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas