Nilam Sari Lawira. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id –  Menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Bencana di Ruang Polibu Kantor Gubernur, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah, Hj. Nilam Sari Lawira meminta pemerintah agar terus membantu penyintas korban bencana.

“Kita harus tetap membantu para korban. Apalagi masih banyak dari mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah,” ungkapnya saat ditemui Metrosulawesi, Senin, 7 Oktober 2019.

Menurutnya, kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) guna mewujudkan bantuan bagi penyintas, khususnya melihat tahap rekonstruksi pembangunan Hunian Tetap di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga dan Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

“Pemerintah pusat maupun lembaga-lembaga internasional ingin agar percepatan pemulihan di Kota Palu, Sigi dan Donggala dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” jelasnya.

Ia mengatakan dampak bencana alam yang teramat dahsyat pada 28 september 2018 membuat beberapa lokasi di daerah ini porakporanda dan butuh penanganan ekstra cepat.

“Tentunya sinergitas antara dua lembaga penyelenggara pemerintah daerah ini tidak akan berjalan maksimal kalau tidak didukung oleh Forkompinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), stakeholder dan masyarakat luas,” ujarnya.

Ia menyampaikan, Wapres Jusuf Kalla (JK) memerintahkan kepada pemerintah daerah agar minggu depan dana bantuan stimulan tahap ll harus segera dicairkan.

“Minggu depan kata Wapres dana sudah harus diberikan ke pada penerima bantuan rumah rusak berat, sedang dan ringan. Tapi pelaksanaannya saya kurang tahu pasti,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas