Home Buol

Hari Ini, Gelar Budaya Sulteng Digelar

282
GLADI RESIK - Para siswa di Buol mengikuti gladi resik Gelar Budaya Indonesiana Provinsi Sulteng 2019, Senin, 7 Oktober 2019. (Foto: Dok Panitia)

Palu, Metrosulawesi.id – Gelar Budaya Indonesiana Provinsi Sulawesi Tengah 2019 hari ini (8/10) digelar di Kabupaten Buol. Iven kedua tersebut digelar di HUT Kabupaten Buol.

Panitia dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulteng melaporkan, kemarin (7/10) telah digelar gladi resik yang diikuti semua pihak yang terlibat. Salah satu yang dimatangkan dalam gladi resik tersebut adalah tarian kolosal yang akan ditampilkan pada pembukaan gelar budaya hari ini.

Menurut Kasi Kesenian, Dinas Dikbud Sulteng, H Sofyan Tadorante, tari kolosal dibawakan ratusan siswa, yakni SMK Negeri 1 Biau, SMA Negeri 1 Buol, SMA Negeri 2 Buol, dan MTs Negeri 1 Buol.

Gelar Budaya Indonesiana Provinsi Sulteng bertujuan antara lain untuk lebih mengenalkan budaya mereka ke masyarakat luas.

”Selain itu juga untuk mempromosikan wisata budaya yang ada di masing-masing daerah,” kata Kabid Kebudayaan, Dinas Dikbud Sulteng, Rachman Ansyari beberapa waktu lalu.

Iven ini akan diikuti provinsi lain, yakni Provinsi Bengkulu, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Gorontalo, dan Kabupaten Bolmong (Sulawesi Utara).

Sejumlah kegiatan akan meramaikan iven tersebut, seperti pawai dan atraksi budaya dari seluruh kabupaten dab kota di Sulteng. Pertunjukan masyarakar adat sebagai suatu seni, workshop kebudayaan, pameran sejarah daerah, serta kunjungan ke sejumlah sekolah di Buol.

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas