SERAHKAN CENDERAMATA - Wakil Rektor Untad Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Amar menyerahkan cenderamata kepada Koordinator Warung Perancis - Indonesia, Ryan Rinaldy saat sosialisasi pendidikan tinggi di Perancis dan pelatihan pengelolaan warung Perancis di Palu baru-baru ini. (Foto: Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – International Office Universitas Tadulako (Untad) menggelar sosialisasi pendidikan tinggi di Perancis dan pelatihan pengelolaan warung Perancis di Palu baru-baru ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tahapan dan cara mendapatkan kesempatan studi di Perancis kepada mahasiswa Untad.

Sosialisasi dibuka Wakil Rektor Untad Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Dr. Amar, ST., MT didampingi Kepala International Office Untad, Prof. Ir. Marsetyo, M.Sc.Ag., Ph.D. Sosialisasi turut dihadiri murid siswa MAN 2 Model Palu yang mempelajari bahasa perancis sekaligus menghadirkan pemateri asal Koordinator Warung Perancis – Indonesia, Ryan Rinaldy, S.S.

Ryan Rinaldy menjelaskan Perancis sampai saat ini merupakan negara dengan penerima mahasiswa asing terbanyak ke empat di dunia atau peringkat pertama untuk negara non-anglophone.

“Selain itu, Perancis memiliki institusi bergengsi dan diperhitungkan di dunia internasional dan menjunjung tinggi persamaan hak antara mahasiswa asing dengan mahasiswa Perancis,” ucapnya.

Dia mengatakan Pemerintah Perancis memberikan subsidi sebesar 2/3 dari total biaya pendidikan. Perancis kini menjadi pusat penelitian ilmiah dan pengembangan teknologi kelas dunia.

Ryan menuturkan bahwa terdapat program Campus France Indonesia yang merupakan bagian dari institute Francais Indonesia-Kedutaan Besar Prancis di Indonesia yang akan memberi informasi, mengarahkan dan mendampingi siswa untuk semua proses pendaftaran hingga visa studi.

“Studi yang tersedia di Perancis meliputi program pascasarjana S2 dan S3,” tandas Ryan.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas