FOTO BERSAMA - Kepala Rutan Kelas IIA Palu, Nanang Rukmana, didampingi Kasdim 1306/Donggala, Mayor Inf. Iko Power foto bersama Warbin usai mengikuti edukasi Wawasan Kebangsaan Bela Negara di Palu, baru-baru ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Puluhan warga binaan (Warbin) Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palu mengikuti edukasi Wawasan Kebangsaan Bela Negara di Palu, baru-baru ini. Kegiatan menghadirkan Kasdim 1306/Donggala, Mayor Inf. Iko Power sebagai pemateri.

Kepala Rutan Kelas IIA Palu, Nanang Rukmana, mengatakan bela negara merupakan sikap dan perilaku warga yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela negara dijiwai berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan berbangsa dan bernegara.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kodim atas kesediaannya hadir dan mengisi materi tentang wawasan kebangsaan khususnya kepada Kasdim 1306/Donggala, Mayor Inf. Iko Power,” ujar Nanang.

Dia mengharapakan dengan terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air pada warga binaan dan mempunyai wawasan bela negara serta dapat berperan aktif untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara.

Mayor Inf. Iko dalam paparannya mengisi kegiatan tersebut memberikan edukasi tentang pendidikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada para warga binaan. Warbin yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tampak memberikan respon positif. Iko mengajak Warbin untuk menjadi warga negara yang memiliki wawasan kebangsaan dan semangat dalam menjalankan kegiatan.

“Wawasan kebangsaan adalah cara kita memandang kedepan dan rasa cinta terhadap bangsa,” ucapnya.

Adapun makna dari wawasan kebangsaan itu sendiri adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dilanjutkan, Indonesia memiliki 4 pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Iko menegaskan keempat pilar tersebut harus senantiasa kuat dan kokoh.

“Warga binaan yang menghadiri kegiatan ini saya harap ada perubahan dalam diri dan setelah keluar dari tempat harus dapat berbuat baik dengan memberikan banyak manfaat bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas