Kondisi pedagang di Pasar Induk Tradisional (PIT) Inpres Manonda. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sejumlah bahan kebutuhan dan bumbu dapur masih dijual dengan harga cukup tinggi seperti cabe merah dan cabe hijau. Sedangkan harga komoditas tomat sayur di Kota Palu justru ‘terjun’ bebas.

Sita,  salah seorang pedagang mengungkapkan sangat mengeluhkan terjadinya penurunan harga tersebut. Diakuinya, harga tomat yang sebelumnya Rp5 – Rp7 ribu perkilogram. Kini, harganya pun jatuh menjadi Rp3 ribu perkilogram.

“Diakibatkan karena pasokan tomat banyak dari petani. Ditambah lagi dengan musim kemarau yang panjang,” ungkapnya, Minggu (29/9/2019).

Sementara itu, sebagian tomat sayur diambilnya langsung dari petani Biromaru Kabupaten Sigi dan daerah Sulawesi Selatan. Ia mengungkapkan salah satu penyebab turunnya harga ialah pengiriman tomat sayur dari Palu ke wilayah Kalimantan.

“Faktornya kurang pengiriman dan kebanyakan dikirim dari Palu menuju ke Kalimantan. Saya beli Rp1.700 perkilogram dari pengepul,” ungkapnya.

Menurut dia, sebulan yang lalu, harga tomat masih cukup baik, yakni di kisaran harga Rp7.000 perkilogram dari tingkat petani ke pengepul.

Namun belakangan, harga tersebut terus mengalami penurunan, bahkan bisa dikatakan terjun bebas.

Ia berharap segara ada upaya dari pemerintah untuk menstabilkan harga, supaya harga tomat kembali membaik. Lanjut dia, sedangkan harga bawang merah di pasaran sekitar Rp20/kg dan bawang putih Rp33-Rp35/kg juga mengalami penurunan. Sebelumnya harga bawang putih diangka Rp40/kg dan Bawang merah Rp30-Rp35/kg.

Sementara itu, untuk cabe keriting juga mengalami penurunan yang sebelumnya Rp40/kg, kini harganya menjadi Rp30/kg. Kemudian, untuk harga Cabai mengalami kenaikan karena diakibatkan oleh musim kemarau.

“Cabai merah Rp50-Rp55/kg, cabe hijau dikisaran Rp60-Rp65 / kg naik sudah lebih dua pekan karena pasokan berkurang dan akibat musim kemarau,” katanya.

Pantauan Metrosulawesi di pasar Inpres Manonda untuk harga telur dikisaran Rp38-Rp45/rak. Sedangkan, sebelumnya harga telur mengalami kenaikan sekitar Rp40 – Rp48/rak. Harga beras Rp9 ribu/ liter, untuk harga perkilogram sekitar Rp11ribu. Sedangkan, harga beras perkarung dikisaran Rp480 ribu.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas