Home Palu

Refleksi Satu Tahun Bencana Pasigala, Ketua DPRD Sulteng Luncurkan Buku “Semua Di Luar Nalar”

Ketua DPRD Sulawesi Tengah Hj Nilam Sari Lawira SP, MP, bersama Dr Lukman S Tahir, MA, penulis buku Semua Di Luar Nalar, memberikan buku kepada pengunjung yang hadir pada peluncuran buku di Warkop Kapeo, Sabtu 28 September 2019 malam, Buku ini sekaligus merefleksi satu tahun bencana Pasigala' 28 September 2018 lalu. (Foto: Pataruddin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Hj Nilam Sari Lawira SP MP, meluncurkan sebuah buku berjudul “Semua Di Luar Nalar” yang ditulis Dr Lukman S Tahir SH MH. Peluncuran buku dihelat di Warung Kopi Kapeo, Jalan Sam Ratulangi, Kota Palu, Sabtu 28 September 2019 malam.

Peluncuran buku berlangsung Sabtu malam itu dihadiri sejumlah akademisi, korban selamat dari bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi.

Dalam pengantarnya, Dr H. Lukman S Tahir, MA,  menampilkan tulisan terhadap tujuh tokoh yang mengalami langsung bencana yang terjadi tepat setahun silam.

Hasil penjualan buku ini semuanya akan didonasikan bagi warga korban bencana. Buku denga nisi 96 halaman,  dicetak sebanyak seribu eksemplar dan sudah terjual 700 eksemplar.

Menurut Lukman, ide penulisan buku berawal ketika dia ikut dalam pendistribusian bantuan logistik kepada korban-korban bencana.

“Saat itu baru tiga setelah bencana. Saya banyak berinteraksi dengan sejumlah korban dan bercerita bagaimana mereka selamat dari bencana. Saya merasa sesuatu yang di luar nalar sampai mereka bisa selamat,” kata Lukman S Tahir.

Ketua DPRD Sulawesi Tengah Hj Nilam Sari Lawira mengapresiasi buku karya Dr Lukman.

“Buku merupakan jendela dunia. Dengan buku kita bisa mengetahui peristiwa lampau, sekarang maupun yang akan datang,” kata Nilam.

Nilam berharap dengan membaca buku yang ditulis Dr Lukman ini, menjadi inspirasi bagi penulis lainnya. Bahkan mungkin akan lahir pula penulis-penulis lainnya.

“Setelah saya membaca melalui soft copy, saya tidak bisa melukiskan lewat kata-kata atas kisah nyata yang tertuang dalam buku tersebur,” kata Nilam.

Pada kesempatan itu pula, Nilam Sari memberikan supraise kepada yang hadir dengan memberikan buku yang ditulis Dr Lukman secara gratis.  (*)

Reporter: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas