
- 274 Tahun Usia Kantor Pos
Palu, Metrosulawesi.id – Dalam rangka menyongsong di usia 274 tahun, pada tanggal 29 September 2019. Pos Indonesia siap memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan transaksi keuangan melalui layanan ‘Mobile Giropos’ yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Kepala Kantor Pos Pusat Palu Sulawesi Tengah, Jahja AK Tueka menjelaskan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan adanya kebutuhan masyarakat. Khususnya pelanggan Kantorpos dalam mengakses layanan pos dengan mudah.
Menurutnya, ini sekaligus dalam upaya mendukung Strategi Nasional dalam peningkatatan Inklusi Keuangan di Indonesia. Maka, PT Pos Indonesia (Persero) dengan bangga menghadirkan layanan ‘Mobile Giropos’.
“Dengan bangga meluncurkan layanan Posgiro Mobile. Layanan berbasis gawai ini memudahkan masyarakat bertransaksi dengan mudah, kapan saja, dimana saja, aman, pasti, dan halal, tanpa harus datang langsung ke Kantorpos,” jelasnya saat ditemui Metrosulawesi, Jumat 27 September 2019.
Sementara itu, layanan Mobile Giropos adalah platform digital berbasis rekening Giropos yang diberikan kepada pemilik rekening. Sehingga dapat mengakses layanan Giropos dan layanan transaksi keuangan pos lainnya secara ‘mobile’.
“Layanan Giropos merupakan salah satu layanan keuangan legacy selain Weselpos yang dimiliki oleh PT Pos Indonesia (Persero). Layanan Giropos sudah hadir dan melayani masyarakat sejak puluhan tahun yang lalu,” ungkapnya.
Selain itu, Layanan Giropos digunakan juga untuk mendukung program-program Pemerintah berupa penyaluran dana ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan begitu, kata dia, pelanggan Kantorpos diberikan kemudahan dan fasilitas layanan transaksi keuangan secara mudah.
“Yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja seperti, Layanan Bill Payment atau Pembayaran berbagai Tagihan Listrik, PDAM, Cicilan Motor, Mobil, BPJS, pembelian pulsa, token atau voucher dan kurang lebih 400 biller. Ada pula pengiriman uang melalui layanan Weselpos Instan.
Lanjut dia, pengelolaan Keuangan melalui Layanan Giropos dipergunakan untuk menyimpan dana di rekening Giropos. Sedangkan, fasilitas Scan QR Code sebagai pembayaran atau pembelian via merchant/Micro Payment dengan basis Rekening Giropos.
“Dengan adanya Layanan ‘Mobile Giropos’ diharapkan dapat melengkapi jaringan dan titik layanan (Point of Sales) PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah tersedia sebelumnya sekitar 58.700 titik dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain di seluruh Indonesia,” ucapnya.
Pihak Kantor Pos Palu sangat gembira menyambut hadirnya layanan ‘Mobile Giropos’ ini. Pihaknya berharap ‘Mobile Giropos’ dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dengan memudahkan dalam mengakses layanan keuangan khususnya yang disediakan oleh PT Pos.
“Dengan layanan Mobile Giropos pelanggan Kantorpos tidak perlu datang langsung dan antri di Loket. Cukup menggunakan handphone nya bisa melakukan apa saja, bayar-bayar, kirim uang hingga mengelola/ menyimpan uang nya di Rekening Giropos,” ujar Jahja Tueka, Kepala Kantor Pos Pusat Palu Sulawesi Tengah.
Sebagai salah satu upaya transformasi dan inovasi layanan yang terus dilakukan oleh Pos Indonesia, Layanan ‘Mobile Giropos’ diharapkan dapat semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dengan semakin mudahnya masyarakat untuk mengakses serta menikmati layanan keuangan yang disediakan oleh Pos.
Seperti diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) telah mempunyai jaringan yang sangat luas hingga 4.800 Kantorpos online dengan jumlah titik layanan (Point of Sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain.
Khusus di Sulawesi dan Maluku fasilitas fisik pelayanan pos terdapat di sebanyak 626 ttik dalam bentuk Kantor Pos dan Agenpos serta Mobile Postal Service.
Pos Indonesia memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi yang handal. Selain layanan kurir dan logistik, PT Pos Indonesia (Persero) memiliki bisnis layanan keuangan berupa: Layanan Pospay (Bill Payment) sudah terhubung hampir 400 lebih Biller, Pengiriman Uang (Weselpos Instan dan Kemitraan: Western Union, Money Gram, Perbankan dan lain-lain).
Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim