Rachman Ansyari. (Foto: Dok Pribadi)

Palu, Metrosulawesi.id – Gelar Budaya Indonesiana Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019, akan digelar di Kabupaten Buol pada 8 Oktober 2019. Iven tahunan ini menjadi momentum untuk mengenalkan wisata budaya seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng, Dr Rachman Ansyari MPd mengatakan, dalam iven gelar budaya seluruh kabupaten dan kota di Sulteng akan menampilkan karya budaya yang menjadi tradisi di masing-masing daerah.

”Gelar budaya ini menjadi agenda tahunan untuk mengenalkan budaya yang ada di Sulawesi Tengah, termasuk potensi wisata budaya. Karena itu dilakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk mengangkat wisata budaya Sulawesi Tengah,” kata Rachman kepada Metrosulawesi beberapa waktu lalu.

Kata Rachman, mengangkat potensi wisata budaya memang menjadi salah satu tujuan iven Gelar Budaya Indonesiana, yakni untuk mewujukan ketahanan budaya dan citra pariwisata untuk menunjang pertumbuhan eknomi kerakyatan di Sulawesi Tengah.

Selain itu mempererat persatuan bangsa melalui pendidikan multikulturalisme, memupuk kebersamaan dalam satu kesatuan, serta menumbuhkembangkan rasa kecintaan terhadap nilai-nilai budaya yang dimiliki melalui kreativitas karya seni budaya dan potensi-potensi budaya yang ditampilkan oleh masing-masing kabupaten dan kota se Sulawesi Tengah. Gelar Budaya Indonesiana Sulawesi Tengah 2019 diisi dengan berbagai kegiatan, yakni pawai budaya Sulawesi Tengah, Pameran Sejarah dan Purbakala se Sulawesi Tengah, Pagelaran Seni Pertunjukan, Kunjungan ke Sekolah di Kabupaten Buol, serta Workshop Seni Pertunjukan.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas