Home Sulteng

Disdukcapil Sambangi Sekolah Rekam E-KTP

199
Abd Haris Yotolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng bekerjasama dengan kabupaten/kota akan kembali melakukan layanan jemput bola ke sekolah-sekolah di daerah ini. Petugas Disdukcapil akan keliling ke SMA/SMK se-Sulawesi Tengah untuk merekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) siswa.

“Ini kami lakukan agar semua masyarakat yang telah cukup umur bisa menyalurkan hak pilihnya saat Pilkada serentak pada 2020 mendatang,” ungkap Kepala Disdukcapil Provinsi Sulteng, Abd Haris Yatolembah, baru-baru ini.

Namun rencana tersebut kata dia masih harus menunggu perubahan anggaran pada akhir September atau Oktober mendatang. Selain itu, Disdukcapil Provinsi Sulteng juga masih harus berkoordinasi ke kabupaten/kota.

Diperkirakan, petugas atau tim mulai turun pada akhir tahun ini atau awal tahun 2020 mendatang. Pelayanan Disdukcapil ini menyasar perekam pemula agar bisa menggunakan hak pilihnya.

“Kita perikarakan sampai awal tahun 2020, akan cukup banyak penambahan perekam E-KTP pemula,” ucapnya.

Sebelumnya, Haris mengungkapkan stok blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di daerahnya saat ini kosong.

“Kami sedang mengupayakan penambahan blangko E-KTP 20.000 keping ke pak Dirjen,” ungkap Haris, Kamis, 5 September 2019.

Kekosongan stok blangko E-KTP ini sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir di Disdukcapil Provinsi Sulteng. Disdukcapil Provinsi Sulteng belum bisa memenuhi permintaan penambahan blangko dari Disdukcapil kabupaten/kota.

“Kalau hanya stok jaga-jaga ada di kantor, tapi itu tidak bisa deberikan ke kabupaten/kota,” ucap Haris.

Haris mengaku akan berupaya semaksimal mungkin agar upaya penambahan blangko untuk Sulteng bisa terpenuhi. Diupayakan jika mendapat respon positif dari pusat, dalam bulan ini Sulteng sudah mendapat tambahan blangko.

Dipastikan saat blangko sudah tersedia, akan langsung didistribusikan sesuai kebutuhan pencetakan E-KTP di kabupaten/kota. Penambahan blangko E-KTP dipandang penting mengingat Sulawesi Tengah akan melaksanakan Pilkada serentak pada 2020 mendatang.

Masyarakat harus dipastikan bisa menggunakan hak pilih dengan memiliki Nomor Induk Kependudukan. Adapun dalam penyaluran hak pilih, masyarakat bisa menggunakan surat keterangan (suket) pengganti E-KTP.

“Kemungkinan suket tetap bisa digunakan sebagai pengganti E-KTP karena saat Pilpres juga begitu,” ujarnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas