Tahun 2018 Gelar Budaya Indonesia Sulteng digelar bulan Agustus di Kabupaten Parigi Moutong. (Foto: Humas Pemkab Parimo/ Sulteng Terkini)
  • ‘’Mongunom Rlipu’’ atau Perbaikan Negeri Diangkat dari Tema

Palu, Metrosulawesi.id – Gelar Budaya Daerah Indonesiana tahun 2019 di Salawesi Tengah akan digelar Kabupaten Buol. Menurut rencana iven kedua program Indonesiana Plafrom Kebudayaan tersebut dimulai pada 18 Oktober sampai 21 Oktober 2019.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng, Dr Rachman Ansyari mengatakan, Gelar Budaya Indonesiana Sulawesi Tengah 2019 merupakan lanjutan dari iven yang sama tahun 2018 yang digelar di Kabupaten Parigi Moutong. Gelar Budaya 2019 di Kabupaten Buol mengambil tema ‘’Mongunom Rlipu’’ atau perbaikan negeri.

Rachman mengatakan, tema yang diusung adalah  keragam ritual tradisi perbaikan negeri atau penataan daerah di Sulawesi Tengah sebagai inspirasi karya seni. Hal ini didasari latar belakang tentang kebiasaan masyarakat Sulteng dalam setiap penataan daerah secara gotong royong.

Rachman Ansyari. (Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)

‘’Ini yang menadari Bidang Kebudayaan untuk mengangkat kembali kegiatan ini dalam bentuk seni pertunjukan yang diharapkan dapat memicu inisiatif para pelaku budaya khususnya pelaku seni di daerah sebagai ajang olah kreativitas dan promosi kebudayaan sebagai sarana pendidikan dan pengembangan ekonomi kerakyatan,’’ kata Rachman kepada Metrosulawesi, Kamis, 5 September 2019.

Rachman mengatakan Gelar Budaya bertujuan untuk mewujukan ketahanan budaya dan citra pariwisata untuk menunjang pertumbuhan eknomi kerakyatan di Sulawesi Tengah. Mempererat persatuan bangsa melalui pendidikan multikulturalisme, memupuk kebersamaan dalam satu kesatuan, serta menumbuhkembangkan rasa kecintaan terhadap nilai-nilai budaya yang dimiliki melalui kreativitas karya seni budaya dan potensi-potensi budaya yang ditamplkan oleh masing-masing kabupaten dan kota se Sulawesi Tengah.

Gelar Budaya Indonesiana Sulawesi Tengah 2019 diisi dengan berbagai kegiatan, yakni pawai budaya Sulawesi Tengah, Pameran Sejarah dan Purbakala se Sulawesi Tengah, Pagelaran Seni Pertunjukan, Kunjungan ke Sekolah di Kabupaten Buol, serta Workshop Seni Pertunjukan.

Rachman mengatakan, tidak hanya daerah di Sulteng yang ikut dalam iven tahunan ini, tetapi juga ada dari provinsi lain. Daerah lain yang menyatakan akan berpartisipasi dalam Gelar Budaya di Buol adalah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow), dan Provinsi Gorontalo.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas