PELATIHAN - Kadis Koperasi dan UKM Sulteng, Eda Nur Ely mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta pelatihan pengolahan makanan dan minuman, Senin, 2 September 2019. (Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah melatih pelaku usaha di bidang kuliner, Senin, 2 September 2019. Pelatihan digelar di UPT Pelatihan diikuti 40 orang pelaku usaha kuliner dari kabupaten dan kota se Sulteng.

Pelatihan pengolahan makanan dan minuman ini difokuskan pada pembuatan aneka kue dan minuman. Selain mendapatkan teori para peserta mempraktikkan langsung cara pengolahan kue dan minuman yang dipandu instruktur berpengalaman.

‘’Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan agar pelaku usaha kuliner dapat membuat produk yang variatif dan bernilai tambah. Sehingga dapat meningkatkan usaha dan pendapatan keluarga,’’ kata Kadis Koperasi dan UKM Sulteng, Eda Nur Ely dalam sambutannya membuka pelatihan tersebut.

Kadis menyarankan kepada peserta yang semuanya kaum wanita, agar memanfaatkan bahan baku lokal. Penggunaan bahan baku lokal dapat menekan biaya produksi karena mudah didapat.

‘’Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan teknis kepada peserta untuk dapat memproduksi secara kreatif, inovatif, dan diversifikasi produk,’’ katanya.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas