FOTO BERSAMA - Kepala SMPN 12 Palu, Yusri saat foto bersama dengan salah seorang siswanya, Lina Astika, yang berhasil lolos ke tingkat nasional pada ajang Kuis Kihajar 2019. (Foto: Ist)
  • Kuis Kihajar 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Salah satu siswi SMP Negeri 12 Palu berhasil meraih Juara Satu ajang lomba Kihajar Tingkat Provinsi 2019. Maka dipastikan, Lina Astika, siswi SMP Negeri 12 Palu kelas IX ini terpilih sebagai perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah dalam kuis Kihajar Tingkat Nasional yang akan digelar  di Jakarta akhir Oktober 2019.

Kepala SMPN 12 Palu, Yusri mengatakan, lomba Kihajar Tingkat provinsi itu diikuti ratusan siswa dari sejumlah sekolah di Sulawesi Tengah.

Yusri mengungkapkan, lomba Kihajar tingkat Provinsi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama para peserta  di seleksi secara akademik, dan pada sesi kedua peserta melakukan presentasi dengan memilih satu dari dua tema yang ditawarkan, yakni aktivitas matahari dan fotosintesis.

“Saya sempat mengalami kendala waktu saat mempersiapkan peserta didik, karena waktu persiapan peserta didik sangat singkat dari hari perlombaan. Guru maupun peserta didik harus berusaha lebih keras dalam proses persiapannya,” ujar Yusri di Palu belum lama ini.

Namun kata Yusri, dirinya bersyukur, meskipun  terbilang singkat waktu persiapan, siswanya dapat meraih prestasi membanggakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengapresiasi capaian prestasi yang ditorehkan oleh Kepala SMPN 12 Palu yang baru dari segi pengalaman, dan sekolah yang dipimpinnya jauh dari pusat kota. 

“Segera tingkatkan pembinaan untuk prestasi yang lebih tinggi di tingkat nasional, buktikan bahwa peserta didik kita adalah yang terbaik di Indonesia,” kata Ansyar.

Pada kegiatan Kuis Kihajar 2019 itu, terdapat dua sekolah yang berhasil mewakili Provinsi Sulawesi Tengah melaju ke nasional, yakni SMPN 12 Palu dan SD Inpres 1 Lasoani.

Ansyar menilai, prestasi yang diraih oleh peserta didik SMPN 12 dan SD Inpres 1 Lasoani adalah bukti bahwa mutu dan kualitas pendidikan di Kota Palu merata, tidak ada lagi sekolah favorit, semua sekolah mampu berprestasi nasional.

“Sekali lagi, kami berikan apresiasi yang tinggi kepada para sahabat kepsek yang telah bekerja cerdas, keras dan ikhlas demi masa depan anak bangsa dan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Palu,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas