Home Parigi Moutong

Bantuan Rumah Rusak Ringan Dibayar September

Tri Nugraha. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Tri Nugraha mengungkapkan, bahwa bantuan untuk korban gempa kategori rusak sedang dan rusak ringan rencananya akan direalisasikan pada bulan September 2019 mendatang. 

“Penyampaian dari BNPB, Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi untuk rumah rusak berat dan ringan akan direalisasikan pada bulan September 2019 mendatang,” ungkap Tri Nugraha kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Kamis 29 Agustus 2019.

Lanjut Tri, bahwa seluruh data yang masuk itu sesuai SK Bupati dan gubernur sudah terkirim ke pusat. Rumah rusak sedang sebanyak 923 dan rusak ringan sebanyak 4.233. 

“Dan data tersebut sudah dikunci sejak 18 Juli 2019 lalu. Karena sudah satu tahun berjalannya gempa, kita hanya bermain dengan data,” tutur Tri sapaan akrabnya. 

Tri mengatakan, bahwa jumlah bantuan rumah rusak sedang itu sesuai instruksi wakil presiden sebesar Rp25 juta, kemudian rumah rusak ringan Rp10 juta. Dan untuk diketahui bahwa penanganan rumah rusak sedang dan ringan tersebut sesuai dengan juknis penanganan bantuan Rusak berat. Penyaluran anggaran tetap melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas). 

“Ini Penangananya sama dengan rumah rusak berat, tidak dalam bentuk uang tunai. Karena kita hanya menjalankan aturan dari BNPB,” terangnya.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas