Mohamad Hidayat Lamakarate. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Mohamad Hidayat Lamakarate, yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, memastikan diri maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah pada Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Insyaallah, sampai hari ini belum ada perubahan, masih tetap ingin maju 01 Sulteng. Niat saya tetap akan maju sebagai calon gubernur untuk membangun Sulawesi Tengah,” ungkap Hidayat kepada Metrosulawesi di Palu, Rabu, 28 Agustus 2019.

Kepastian tersebut dikatakannya karena melihat dukungan yang diberikan berbagai elemen masyarakat. Masyarakat menginginkan Hidayat bisa melanjutkan pembangunan yang dipimpin Gubernur H Longki Djanggola.

“Saya merasa Tuhan sudah memposisikan saya dibanyak posisi, sehingga bisa memahami banyak hal sebagai modal menjadi seorang kepala daerah,” ucap Hidayat.

Selain itu, sebagai putra daerah, dia merasa terpanggil dan berkewajiban untuk membangun Sulteng dengan segudang kemampuan yang dimiliki. Hidayat mengaku dengan menjadi orang nomor satu di Sulteng, akan memiliki banyak ruang untuk membangun daerah dengan melibatkan banyak pihak.

Diungkapkannya, saat ini ia telah memiliki konsep pembangunan Sulteng dalam lima tahun kedepan. Terkait partai politik yang akan mengusungnya, Hidayat menuturkan sudah mulai membangun komunikasi dengan sejumlah pimpinan Parpol.

“Yang jelas Partai Gerindra, yang dijanjikan bapak gubernur (Longki Djanggola), akan menjadi partai pertama untuk saya gunakan,” ujar Hidayat.

Dipastikan pula akan membuka ruang koalisi bagi partai politik yang siap mengusungnya bersama Partai Gerindra. Dia memperkirakan dengan menggunakan dua atau tiga partai, cukup untuk mengusungnya sebagai calon orang nomor satu di pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah.

Dia menambahkan, sejumlah tokoh sudah mulai dilirik untuk menjadi calon Wakil Gubernur Sulteng mendampinginya. Terkait status sebagai aparatur sipil negara, Hidayat mengaku telah siap mundur saat tahapan Pilkada serentak dimulai.

“Kalau tahapan sudah mulai, saya pastikan akan langsung berhenti sebagai aparatur,” pungkas Hidayat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas