FOTO BERSAMA - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Chwarismy Shindy, didampingi Kepala TKIP Disdikbud Sulteng, Muhammad Irwan dan KTU TKIP Disdikbud Sulteng, Junaidin, saat foto bersama di acara Kuis KIHAJAR tingkat provinsi di Aula Kantor Disdikbud Sulteng, Senin, 26 Agustus 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)
  • Peserta Diharap Junjung Sportivitas

Palu, Metrosulawesi.id – UPT. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi dan lomba Kuis KIHAJAR (Kita Harus Belajar) 2019. Acara pembukaan kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kantor Disdikbud Sulteng, Senin, 26 Agustus 2019.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Chwarismy Shindy, mengungkapkan, Kuis KIHAJAR merupakan ajang kompetisi akademis untuk peserta didik SD, SMP, SMA, dan SMK, melalui pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Kegiatan itu diselengggarakan oleh Pusat Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekom), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, selama ini saya menyambut baik kerjasama yang dibangun antara Pustekom Kemendikbud dengan UPT TKIP Disdikbud Sulteng dalam mengembangkan peningkatan mutu pendidikan yang berdaya saing,” ujar Chwarismy.

Kata Chwarismy, lomba Kuis KIHAJAR tingkat provinsi merupakan momen tepat dan sangat berharga bagi para peserta didik, karena ajang ini dapat mengembangkan kemampuan peserta didik  dalam berkompetisi di bidang IT.

Chwarismy pun mengimbau kepada segenap panitia, juri dan para peserta, untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya acara tersebut.

“Semangat kerjasama, rasa persaudaraan, dan persatuan sesama peserta hendaknya dipelihara dengan baik, sehingga dapat mengedepankan nilai dan semangat sprotivitas yang tinggi,” ungkapnya.

Kata dia, selain Kuis KIHAJAR, ada lomba Anugerah KIHAJAR, yang diperuntukkan untuk kepala-kepala daerah yang peduli TIK di seluruh Indonesia. Bahkan kegiatan lainnya seperti Duta Rumah Belajar bagi guru yang melakukan inovasi pembelajaran, aplikasi mobile untuk umum, juga digelar oleh Pustekom Kemendikbud.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, UPT-TKIP, Disdikbud Sulteng, Junaidin, mengatakan, sosialisasi dan lomba Kuis KIHAJAR merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Pustekom Kemendikbud RI yang bekerjasama dengan UPT TKIP Disdikbud Sulteng.

“Kuis KIHAJAR merupakan salah satu ajang unjuk prestasi antara siswa-siswi se-Indonesia. Kuis ini terdiri dari tiga jalur, yakni jalur harian, Kihajar provinsi dan KIHAJAR nasional. Olehnya itu UPT-TKIP menyelenggarakan sosialisasi dan lomba sekaligus menyeleksi siswa-siswi di tingkat provinsi untuk mengikuti lomba di tingkat nasional,” jelasnya.

Pantauan Metrosulawesi, Kuis KIHAJAR diikuti oleh ratusan peserta dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se-Sulteng.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas