Home Donggala

Kodim 1306/Donggala Naik Tipe A

823
SERTIJAB - Komandan Korem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita saat meminmpin serah terima jabatan (sertijab) Dandim 1311 Morowali dan dandim 1306 Donggala di Makorem 132 Tadulako, Kota Palu. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pucuk pimpinan Kodim 1306/Donggala resmi berganti. Kolonel Inf Widya Prasetyo N,S.Pd. mengambil alih posisi jabatan Komandan Kodim, menggantikan Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos,M.M. Kolonel Inf . Widya Prasetyo N,S.Pd. sebelumnya menjabat sebagai staff ahli Pangdam I Iskandar Muda, sedangkan Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa S.Sos,M.M, selanjutnya bertugas di Markas Besar TNI sebagai Pabandaya 2/SDAB-SPABAN III/Wanmil STERAD.

Serah terima jabatan tersebut berlangsung di Aula Markas Korem 132 Tadulako, Jumat, 23 Agustus 2019. Acara sertijab ini  dipimpin langsung Komandan Korem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita. Sertijab Dandim 1311 Morowali juga dilaksanakan pada kesempatan itu dan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas yang merupakan tradisi
Korem 132 Tadulako.

Komandan Korem 132 Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita dalam sambutannya mengatakan serah terima jabatan tersebut merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi, sekaligus regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan dalam rangka mendorong semangat pembaruan dan penyegaran pemikiran.

“Jabatan, sebagai bentuk karir personil dan proses sertijab dialami oleh seluruh jajaran, tidak hanya di jajaran TNI AD tapi di organisasi manapun, dengan tujuan organisasi itu ingin tetap utuh,” ucapnya.

Danrem menambahkan, upacara sertijab kali ini berbeda dengan biasanya, mengingat organisasi Kodim 1306 Donggala yang semula tipe B kini berubah menjadi tipe A, sesuai Perkasa Nomor 15 Tahun 2019 tertanggal 22 April 2019 tentang Pengangkatan Status Kodim Tipe B menjadi Tipe A.

“Sebelum naik menjadi tipe A, Tim Mabes TNI telah melukan pengkajian terlebih dulu. pengkajian oleh tim Mabes TNI, Sulteng sudah memenuhi syarat,” ungkapnya.

Sementara untuk Korem 132 Tadulako sendiri, lanjut Danrem, masih menunggu pengesahan untuk kenaikan tipe. Pasalnya, beberapa Korem di wilayah Indonesia sudah mengalami kenaikan tipe.Terutama beberapa korem di ibu kota provinsi.

Untuk Sulteng sendiri, persyaratannya memang ada, apa lagi untuk Sulawesi Tengah juga punya tiga pulau terluar, diantaranya, Salando, Dolangan dan Lingayan.

“Tiga pulau ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, Philipina, serta Sulteng sendiri terdapat wilayah yang rawan terjadi konflik seperti Kabupaten Poso.

Agus menegaskan, kenaikan tipe Kodim 1306 Donggala tersebut juga dikarena dalam waktu dekat wilayah kerja kodim di Sulawesi Tengah akan diproporsionalkan, dimana pada setiap wilayah akan ada satu kodim.

“Kita mengadopsi seperti lingkup kerja di Kepolisian, yang mana satu kabupaten itu ada satu Polres,” tegasnya.

Malam harinya, acara berlanjut yakni dengan lepas sambut Dandim 1306 Donggala di Aula Makodim. Turut hadir dalam acara inin Wali Kota Palu, Hidayat,M.Si. ,Danrem 132/Tadulako, Danlanal Palu, Kapolres Palu AKBP Mujianto dan sejumlah pejabat Forkompinda Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas