Home Ekonomi

Optimistis Target PAD Tahun Ini Terlampaui

480
Farid R Yotolembah. (Foto: Arwansyah/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Tahun 2019 ini Pemerintah Kota Palu melalui Badan Pendapatan menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 11 jenis pajak sebesar Rp.67 miliar lebih. Dari target tersebut sampai dnegan saat ini realisasinya sudah mencapai lebih dari 85 persen.

“Pada pembahasan APBD perubahan, target PAD Kota palu dari 11 jenis pajak itu dinaikkan sedikit, sekitar Rp. 3 miliar. Saya yakin sampai dengan akhir tahun target itu bisa terlampaui,” ujar Farid R Yotolembah, Kepala Badan Pendapatan Kota Palu di kantornya, Selasa 6 Agustus 2019.

Sebanyak 11 jenis pajak yang pengelolaannya ditangani Badan pendapatan adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak tempat hiburan, pajak reklame dan perparkiran. Juga pajak galian C, pajak air bawah tanah, Bea pengalihan Hak atas Tanah dan bangunan (BPHTB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta pajak sarang burung walet.

Indikasi bakal terlampauinya target 2019 tersebut mulai tampak. Sampai dengan pertengahan tahun ini beberapa jenis pajak realisasinya sudah melebihi target. Bahkan ada sudah di atas angka 110 persen. Di antaranya, pajak restoran dan hotel.

Farid mengakui, dibanding, tahun lalu target 2019 ini mengalami penurunan cukup signifikan. Target PAD Kota Palu tahun 2018 lalu dari 11 jenis pajak yang dikelola Badan Pendapatan mencapai sekitar Rp.120 miliar.

“Pascagempa lalu banyak sumber-sumber pemasukan kita yang hilang, seperti hotel dan restoran. Tapi kami terus berupaya agar PAD kita kembali bagus,” ungkapnya.

Optimalisasi PAD terus dilakukan Badan pendapatan. Pendataan kembali potensi obyek pajak baru, dilanjutkan dengan penetapan dan penagihan terus digenjot. Tahun 2020 mendatang Badan Pendapatan ancang-ancang akan menaikan target , dari Rp.67 miliar menjadi sekitar Rp.80 miliar.

Reporter: Arwansyah
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas