Home Ekonomi

LinkAja Perlu Pertajam Sosialisasi

250
BRI Cabang Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sejak diluncurkan pada 1 Maret 2019, aplikasi LinkAja mendapat respon dan apresiasi kalangan perbankan. Hanya saja, masih perlu sosialisasi ke masyarakat agar lebih dikenal.

Salah satu bank pendukung ialah BRI dan BRI Syariah Cabang Palu. Kepala BRI Cabang Palu, Wahib Gunadi saat dikonfirmasi, Selasa 23/7/2019), mengatakan sebelumnya aplikasi tersebut merupakan My QR atau suatu metode transaksi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan dengan cara memindai kode QR (Quick Response) di berbagai merchant yang bekerjasama dengan BRI.

“Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan ketika bermigrasi dengan program maupun perbankan yang lain, maka dibuat suatu aplikasi yang dikembangkan oleh Telkomsel bekerjasama dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA).

Menurutnya, melalui LinkAja BRI Cabang Palu telah memiliki 53 tenan pengguna aplikasi itu. Selain itu, ia mengungkapkan aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan melalui rekening yang ada di smartphone.

“Aplikasi ini tidak mengganggu transaksi perbankan, sebenarnya kalau di lihat dari sisi bisnis semakin banyak transaksi terasa baik dirasakan perbankan, dan itu juga cara mempermudah proses transaksi,” katanya.

Sementara itu, lanjut Wahib, aplikasi itu adalah sinergi milik Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA). Wahib mengakui saat ini pihak perbankan lebih gencar menggalakan pembayaran cashless.

“Dulu kita menggunakan kartu kredit, setelah dikembangkan menjadi uang elektronik, kemudian pembayaran berbasis transaksi online (Internet Banking), saya fikir itu akan tetap terus berkembang dan sudah ada, sedangkan LinkAja hanya salah satu metode pembayaran melalui aplikasi,” jelasnya.

Sementara ditempat terpisah, pimpinan BRI Syariah Cabang Palu, Umar mengatakan pihaknya cukup mendukung ada produk LinkAja. Dia mengungkapkan perkembangan aplikasi tersebut di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu masih belum terlalu banyak masyarakat yang mengapresiasi.

“Karena belum banyak juga masyarakat yang mengetahui. Untuk nasabah BRI Syariah saat ini belum banyak pengguna aplikasi LinkAja,” ungkapnya.

Ditanya terkait dengan kehadiran LinkAja yang akan mengurangi transaksi di bank. Dirinya menjawab tidak terlalu mengkhawatirkan adanya produk tersebut. Malahan, ia juga mengakui aplikasi LinkAja dapat membantu dalam melakukan transaksi elektronik.

“Bank akan terus meningkatkan dan menginovasi layanan e-chanel seperti BRISonline untuk digunakan sebagai transaksi non tunai,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas