Home Hukum & Kriminal

Polres Palu Mulai Usut Gratifikasi Jembatan IV

691
  • Direktur PT Global Diperiksa di Mabes Polri

Palu, Metrosulawesi.id – Polres Palu bergerak cepat menangani kasus dugaan gratifikasi Rp2 miliar ke oknum di DPRD Kota Palu prihal pembayaran utang Jembatan IV Palu mulai “tersentuh” penegak hukum. Mereka telah mengirim penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) untuk memeriksa Direktur PT Global di Mabes Polri.

Informasi yang diperoleh Metrosulawesi, Direktur PT Global (perusahaan yang membangun Jembatan IV Palu) itu sudah menjalani pemeriksaan oleh penyidik Tipikor Polres Palu di Mabes Polri, Jumat 19 Juli 2019.

Informasi terkait diperiksanya Direktur PT Global ini dibenarkan oleh Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Palu AKP Kristian Holmes Saragih SIK.

“Sementara Pemeriksaaan,” jawab Kasat Reskrim Polres Palu AKP Kristian Holmes Saragih SIK singkat saat ditanya terkait kebenaran informasi tersebut.

Pemeriksaan tersebut sudah dijadwalkan sebelumnya. Bahkan, informasi yang didapatkan sebelumnya Tipikor Satreskrim Polres Palu sudah melakukan pemanggilan sebanyak dua kali kepada Direktur PT Global.

Dari informasi yang didapatkan, pemeriksaan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB hingga sekitar pukul 17.00 Wita, Metrosulawesi mencoba untuk mendapatkan informasi terkait hasil pemeriksaan, namun belum ada tanggapan terkait hal itu.

Seperti diberitakan, Direktur PT Global diduga memberikan gratifikasi kepada oknum Anggota DPRD Kota Palu untuk “mempermulus” proses pembayaran utang jembatan IV Palu.

Sebelumnya, sejumlah Anggota DPRD meributkan terkait adanya dugaan gratifikasi untuk memuluskan proses pembayaran utang Jembatan IV Palu. Bahkan Wali Kota yang menjabat saat itu Rusdy Mastura mengaku sempat diiming-imingi dana sebesar Rp4 miliar jika mau membayar utang Jembatan IV Palu. Selain Cudi, sapaan akrab Rusdi Mastura, mantan Ketua DPRD Kota Palu Iqbal Andi Magga juga sempat menyinggung hal serupa. Iqbal Andi Magga mengaku ditawari Rp2 miliar.

Puncak memanasnya isu ini saat Rapat Denar Pendapat dengan Wali Kota Palu terkait mekanisme pembayaran utang Jembatan IV Palu beberapa waktu lalu. Salah satu Anggota DPRD Kota Palu Sofyan R Aswin memunculkan sebuah tangkapan layar (screeshot) Whatsapp (WA) percakapan oknum yang didalamnya disebut-sebut nama Ketua DPRD Kota Palu Ishak Cae melakukan pertemuan dengan Direktur PT Global, Nani di salah satu hotel di Jakarta. Dalam tangkapan layar percakapan (WA) itu bahkan ada dua nomor kontak Ketua DPRD Ishak Cae yang ikut dicantumkan.

Sebelumnhya, Ketua DPRD Kota Palu menantang Ketua Fraksi PKB untuk melaporkan kasus ini ke Polisi. Ketua DPRD Ishak Cae menganggap Ketua Fraksi PKB sengaja menggulirkan “bola panas” yang kesannya justru menjadi fitnah di Lembaga Legislatif tersebut.

“Kalau memang ada bukti saya minta agar dilaporkan, saya tantang Fraksi PKB untuk melapor,” kata Ishak Cae dalam Rapat Dengar Pendapat beberapa waktu itu.

Reporter: Tahmil Burhanuddin, Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas